Sabtu 22 May 2021 20:33 WIB

Kampus Dinilai Berperan Penting dalam Hadapi Pandemi

Pemerintah juga melaksanakan berbagai program seperti Literasi Digital Nasional.

Lawan Corona. Ilustrasi
Foto: Republika
Lawan Corona. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah meminta pihak Perguruan Tinggi di Indonesia mengambil peran dalam menangani informasi negatif yang menghambat penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air. Peran serta insan kampus dinilai mendesak karena penanganan Covid-19 akan menentukan program pemulihan ekonomi negara.

Selain itu, pemerintah juga melaksanakan berbagai program seperti Literasi Digital Nasional yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, sehingga diharapkan dapat menjadi sebuah gerakan yang mendorong berbagai inisiatif untuk melakukan kerja-kerja konkrit di tengah masyarakat.

"Gerakan ini baru saja diluncurkan Bapak Presiden Joko Widodo. Konsepnya multi stakeholders (gotong royong). Jadi gerakan ini adalah kerja gotong royong supaya Indonesia makin cakap (digital) dalam memanfaatkan digitalisasi untuk kegiatan edukatif dan produktif," kata Tenaga Ahli Menteri Bidang Literasi Digital dan Tata Kelola Internet Kementerian Komunikasi dan Informasi, Donny Budi Utoyo, Sabtu (22/5).

Hal itu disampaikan dalam Webinar Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Sabtu (22/5) siang, yang membahas peran perguruan tinggi dalam komunikasi publik penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Tim Pakar, sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito sepakat tentang pentingnya kerja sama yang baik dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

Ia mengatakan, kerja sama itu harus terjalin bukan hanya di Indonesia saja, namun juga kerjasama bersifat gotong royong yang melibatkan seluruh bangsa dan negara di dunia. Alasannya sederhana, karena setiap negara diharapkan dapat mengontrol mobilisasi manusia antar negara.

"Kita punya strategi, sistem, struktur, speed dan juga skill untuk mencapai target, (yaitu) yang sakit cepat sembuh, yang sehat tetap sehat. Target-target itu meliputi penekanan jumlah kasus, testing, tracing, vaksinasi, perubahan perilaku, interoperabilitas data, sosialiasi masif dan melindungi yang rentan," katanya.

Wiku menambahkan, komunikasi publik yang baik, termasuk yang melibatkan kampus, dinilai dapat membangkitkan sebuah gerakan untuk memenuhi seluruh target untuk mencegah penularan Covid-19 di dunia, dan di Indonesia pada khususnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement