Sabtu 22 May 2021 20:03 WIB

Warga Surabaya Harapkan Jaringan Gas Segera Terwujud

Surabaya layak jadi proyek percontohan aliran pipa gas langsung ke rumah tangga

Jaringan gas PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terpasang di salah satu rumah. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Jaringan gas PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terpasang di salah satu rumah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Banyak warga Kota Surabaya, Jawa Timur, yang rumahnya belum tersambung dengan jaringan pipa gas rumah tangga. Warga berharap agar rumahnya segera dijangkau jaringan pipa gas bumi.

"Setiap saya reses, banyak warga yang menanyakan kapan jaringan pipa gas masuk ke rumahnya bisa terealisasi?" kata anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni di Surabaya.

Menurut dia, hampir sekitar 90 persen lebih warga Surabaya masih menggunakan elpiji 3 kilogram untuk keperluan memasak dan kebutuhan lainnya. Meski dari sisi keamanannya penggunaan eliji masih rawan terjadi kebocoran gas dan akhirnya terjadi ledakan.

Padahal, lanjut dia, informasinya cadangan gas di Provinsi Jatim cukup besar dan bahkan mengalami surplus. Tapi disayangkan, kata dia, distribusinya belum juga bisa dinikmati masyarakat Surabaya secara keseluruhan."Sampai saat ini, masih hampir 90-an persen lebih warga Surabaya tetap membeli tabung gas, kemudian dipasang di kompor," katanya.

Ketua DPD Partai Golkar Surabaya ini menegaskan, sebagai ibu Kota Provinsi Jawa Timur, seharusnya Kota Surabaya layak menjadi proyek percontohan aliran pipa gas langsung ke rumah tangga. Untuk itu, kata dia, Pemkot Surabaya harus berkolaborasi dengan Pemprov Jatim untuk mewujudkan gagasan ini. Sehingga, di masa mendatang seluruh rumah di Surabaya sudah teraliri pipa gas.

Ia berharap Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bisa segera bertemu dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan stake holder terkait, baik PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) maupun perusahaan gas swasta lain untuk mewujudkan harapan warga Surabaya. "Dengan duduk bersama dan niat baik segala persoalan bisa diselesaikan. Insya Allah dengan koordinasi ini, wali kota dengan semua pemangku kepentingan, gagasan yang selama ini jalan di tempat akan segera terelaisasi, tidak sebatas angan-angan," katanya.

Direktur Komersial PGN Faris Aziz sebelumnya dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Surabaya, mengatakan pada Tahun 2021, PGN kembali bertekad untuk merealisasikan 50.000 SR Gas Kita di wilayah Jabotabeka dan Cilegon. Program ini merupakan proyek investasi mandiri PGN menggunakan skema COCO (Company Owned, Company Operate) dengan segmentasi perumahan.

PGN juga mendapat penugasan untuk membangun jaringan gas dengan dana APBN 2021 sebanyak 120.776 SR pada 21 Kabupaten/Kota. "Peluang penggunaan gas bumi sebagai sumber energi sektor rumah tangga masih menarik untuk target bauran energi nasional, sehingga PGN akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement