Ahad 23 May 2021 04:10 WIB

Bagaimana Cara Ingatkan Imam yang Keliru Ketika Sholat?

Terdapat dua cara makmum ingatkan imam yang keliru saat sholat

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
 Terdapat dua cara makmum ingatkan imam yang keliru saat sholat. Ilustrasi sholat jamaah
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Terdapat dua cara makmum ingatkan imam yang keliru saat sholat. Ilustrasi sholat jamaah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Terkadang dalam sholat berjamaah imam melakukan kekeliruan, dan jamaah menyadari akan kesalahan tersebut. Dan bagaimanakah cara untuk menegur kesalahan imam dalam sholat? 

 

Baca Juga

Dikutip dari laman Islamweb pada Sabtu (22/5), disebutkan bahwa yang dapat dilakukan yakni, makmum laki-laki membaca 'subhanallah' , sedangkan perempuan menepuk tangan (tashfiq). Rasulullah ﷺ bersabda:

 

 مَنْ نَابَهُ شَيئٌ فِي صلاَتِهِ فَلْيُسَبِّحْ فَإنَّهُ إذَا سَبَّح اُلْتُفِتَ إلَيْهِ وَإنّمَا التَّصْفِيْقُ للِنِّسَاء "Barang siapa yang merasa geram akan sesuatu (merasa ada yang salah) maka hendaklah dia membaca Subhanallah, karena bila ia bertasbih maka dia akan diperhatikan, dan sesungguhnya tashfiq (tepuk tangan) itu adalah untuk wanita."  

 

Sementara itu, menurut Ibnu Rusyd dalam Bidayat al-Mujtahid, menjelaskan, terdapat perbedaan jika untuk jamaah wanita. Menurut Malik dan sebagian, ucapan tasbih itu berlaku untuk jamaah laki-laki dan wanita. Sedangkan menurut Syafii dan sejumlah ulama, tasbih untuk laki-laki dan tepuk tangan khusus untuk wanita.  

 

Sebab perbedaannya adalah pada tafsir sabda Rasulullah وإنما التصفيق للنساء. Mereka yang memahami jika tepuk tangan itu berlaku untuk jamaah wanita saat imam lupa, dan itu yang tampak, maka pendapat mereka cukup dengan tepuk tangan bukan tasbih.

Jika dipahami tepuk tangan justru dicela, maka bagi laki-laki dan wanit sama-sama tasbih. Hanya saja pendapat ini justru lemah karena keluar dari teks tanpa dalil.    

 

 

 

 

Sumber: islamweb

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement