Sabtu 22 May 2021 16:52 WIB

Teleskop Hubble Dalami Temuan 5 Gelombang Radio Misterius

Teleskop Hubble menemukan semburan radio cepat pada galaksi spiral.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Galaksi spiral.
Foto: SDSS
Galaksi spiral.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Astronom menemukan lima gelombang radio misterius pada galaksi spiral. Hal ini pun mendorong astronom untuk mendalami hal tersebut.

Dilansir dari Space pada Sabtu (22/5), penelusuran gelombang radio dalam wujud fast radio bursts (FRB) atau semburan radio cepat itu dilakukan dengan melibatkan Hubble Space Telescope.

Baca Juga

Pendalaman ini pun terbilang menantang karena jejaknya menghilang dengan sangat cepat. Hingga saat ini, astronom baru dapat menemukan sekitar seribu bukti soal gelombang tersebut.

Gelombang ini pun diyakini berbeda dengan gelombang supernova yang dihasilkan dari ledakan bintang. Karena FRB ditemukan jauh dari area yang penuh dengan bintang masif.

Sementara ini, astronom menilai FRB ini berasal dari magnetars. Artinya, kemungkinan gelombang ini timbul dari bintang neutron yang memiliki sifat magnetik yang sangat kuat.

Untuk memastikan itu, Teleskop Hubble menggunakan sejumlah metode mulai dari ultraviolet dan near infrared light. Dengan medtode ini, maka astronom dapat mendalami soal masa galaksi, menemukan bintang muda dan mencari bintang tua.

Hubble Space Telescope merupakan teleskop yang telah berusia 31 tahun. Perangkat ini merupakan teleskop optik besar pertama yang ditempatkan di ruang angkasa dan telah berperan dalam menunjukkan sejumlah foto-foto menakjubkan tentang alam semesta sejak April 1990.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement