Sabtu 22 May 2021 15:54 WIB

Survei: Elektabilitas Airlangga Buntuti Prabowo dan Sandi

Seorang calon presiden tidak dapat hanya dilihat dari faktor elektabilitas.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto
Foto: istimewa
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sandiaga Uno, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto menjadi tiga nama menteri teratas yang dipercaya masyarakat dapat menjadi calon presiden 2024, menurut hasil sigi lembaga survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC).

Peneliti ARSC Bagus Balghi mengatakan, berdasarkan hasil pertanyaan, "Dari nama-nama sosok menteri berikut ini, mana yang menurut Anda layak menjadi calon presiden 2024?".

"Terdapat nama Sandiaga Uno 25,26 persen, Prabowo Subianto 19,17 persen, Airlangga Hartarto 9,79 persen, Tri Rismaharini 7,69 persen," tutur Bagus dalam keterangan persnya, Sabtu (22/5).

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, Maman Abdurahman, mengatakan, faktor pandemi Covid-19 ini sangat memengaruhi penilaian publik terhadap pemilihan figur yang akan menjadi calon ke depan.  

Oleh karena itu, menurut Maman, publik akan melihat siapa yang benar-benar serius dan dalam mengurus pandemi dan upaya pemulihan ekonomi. 

"Nah, ini yang memang terjadi pada posisi figur ketum kami. Ketum kami secara tidak langsung terekspose kepada masyarakat karena beliau Menko Perekonomian. Artinya, baik atau buruknya kondisi ekonomi, berhasil atau tidaknya akan langsung berbanding lurus dengan figur ketum kami," ujar Maman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement