Sabtu 22 May 2021 13:28 WIB

Allison Transmission Ikut Proyek Tank Harimau di PT Pindad

FNSS melaporkan rencana produksi 200 dan 400 unit tank Harimau/Kaplan MT di Turki.

Medium tank Harimau hasil produksi dari PT Pindad (Persero) melintasi rintangan saat parade kendaraan di Kompleks Pindad, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/2/2020).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Medium tank Harimau hasil produksi dari PT Pindad (Persero) melintasi rintangan saat parade kendaraan di Kompleks Pindad, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/2/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Allison Transmission, salah satu pabrikan global terbesar di bidang transmisi otomatis untuk kendaraan komersial dan militer mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Caterpillar Defense, FNSS Turki, dan PT Pindad dari Indonesia.

Pabrikan yang berbasis di Indianapolis, Amerika Serikat tersebut bakal terlibat dalam penyediaan tank menengah baru bagi TNI AD. Dikutip dari Defense Here, Sabtu (22/5), tank dikenal sebagai Harimau di Indonesia atau Kaplan MT di Turki.

Manajer Umum dan CEO FNSS, Nail Kurt, melaporkan rencana produksi antara 200 dan 400 unit tank, yang secara unik cocok dioperasikan di hutan lebat yang lazim di Asia. Harimau adalah tank baru berbobot sedang, yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan mekanis Angkatan Bersenjata, yang memberi Indonesia kemampuan mobilitas dan daya tembak yang dibutuhkan di beberapa medan paling sulit.

Program Harimau adalah salah satu prakarsa modernisasi prioritas tertinggi di Indonesia dan telah melewati pengujian ekstensif oleh FNSS dan PT Pindad, serta TNI AD. Sekarang, tahap pembangunan tank menengah tersebut memasuki produksi penuh.

Tank Harimau mengandalkan teknologi transmisi lintas-penggerak yang sudah terbukti dari Allison, dirancang untuk kendaraan tempur jalur menengah, dan menyediakan tenaga penggerak, kemudi, dan pengereman. Transmisi otomatis, diproduksi di bawah lisensi oleh Caterpillar Defense di Shrewsbury, Inggris, yang telah menggerakkan kendaraan tempur di seluruh dunia selama beberapa dekade.

"Kami menghargai kesempatan untuk menyediakan sistem penggerak untuk kendaraan yang sangat penting dan mengesankan ini bagi Angkatan Bersenjata Indonesia," kata Wakil Presiden Program Pertahanan Allison Transmission, Dana Pittard.

"Karena kami terus mendukung Indonesia dengan transmisi otomatis kelas dunia kami, Allison juga bekerja sama dengan pelanggan di seluruh dunia untuk memenuhi kebutuhan transmisi mereka saat ini dan di masa depan, untuk kendaraan lapis baja berat sedang. Allison Transmission sangat bangga dapat bekerja sama dengan Caterpillar Defense, FNSS dan PT Pindad untuk menghadirkan produk berkualitas dengan nilai yang luar biasa," Pittard menambahkan.

Allison bekerja dengan OEM di seluruh dunia untuk merancang, mengembangkan, memproduksi, dan mendukung transmisi yang menghasilkan kondisi paling ekstrem. Untuk armada yang sedang mengembangkan kendaraan roda atau track baru, Allison dapat menyesuaikan transmisi khusus untuk aplikasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement