Sabtu 22 May 2021 09:10 WIB

Menkop: BPR-BPRS Mitra Strategis Pemerintah

Hingga hari ini BPR-BPRS masih berkomitmen untuk memberdayakan UMKM di Tanah Air.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melihat salah satu produk UKM saat berdialog dengan pelaku usaha di The Hallway Kosambi, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/4).
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melihat salah satu produk UKM saat berdialog dengan pelaku usaha di The Hallway Kosambi, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (3/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tepat 21 Mei 2021 lalu, untuk kelima kalinya seluruh insan BPR-BPRS yang tergabung dalam Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) merayakan Hari BPR-BPRS Nasional.

Mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19, Perbarindo yang menaungi BPR-BPRS di seluruh Indonesia, yakni sebanyak 1.634 entitas, tidak melaksanakan perayaan Hari BPR-BPRS dengan kerumunan massa.

Meski demikian, dukungan akan semakin kuatnya industri BPR-BPRS di Indonesia terus berdatangan. Salah satunya datang dari Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, yang menganggap bahwa BPR-BPRS adalah mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia.

Menurutnya selama ini BPR-BPRS telah menjadi mitra UMKM. "Harapan saya peran ini dapat terus dijaga dan diperkuat. Semoga ke depan industri BPR-BPRS terus dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam membantu memajukan pelaku UMKM demi mewujudkan ekonomi Indonesia yang lebih baik," ungkap Teten, dalam kaitan Hari BPR-BPRS Nasional, dalam siaran pers, Sabtu (22/5).

Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto mengaku bahwa hingga hari ini BPR-BPRS masih tetap berkomitmen untuk memberdayakan UMKM di Tanah Air melalui pembiayaan. Artinya, peran BPR-BPRS sendiri cukup strategis dalam kaitannya dengan pembangunan ekonomi kerakyatan.

"Semoga momen Hari BPR-BPRS terus memberikan kita spirit untuk terus berjuang menghadapi situasi pandemi. Tentunya dengan menjaga kebersamaan, kekompakan, dan bersatu-padu dalam mengawal industri BPR-BPRS melewati masa pandemi Covid-19," kata Ketua Umum Perbarindo Joko Suyanto. Joko berharap agar industri BPR-BPRS terus berdedikasi sebagai garda terdepan dalam melayani pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement