Sabtu 22 May 2021 02:43 WIB

Legasi Sergio Aguero Sebagai Legenda Manchester City

Sergio Aguero adalah pencetak gol terbanyak Manchester City sepanjang masa.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
 Sergio Aguero dari Manchester City.
Foto: AP Photo/Alastair Grant
Sergio Aguero dari Manchester City.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sergio Aguero dikenal sebagai penyerang tajam dan punya ketenangan di depan gawang. Ia juga cerdas, peka akan ruang, dan disiplin dalam menempatkan posisi. Sepertiga akhir lapangan jadi teritorial yang nyaman bagi Aguero.

Sedemikian kompletnya kemampuan Aguero sampai-sampai caranya mencetak gol pun beragam, yang mengundang decak kagum para pecinta kulit bundar.

Orang-orang boleh menyebut sederet nama, dari Thierry Henry, Luis Suarez, Dennis Bergkamp, Alan Shearer, Chris Sutton, hingga Ruud van Nistelrooy, dalam daftar striker terbaik Liga Primer Inggris menurut versi mereka. Namun, mereka juga tidak boleh melupakan nama Aguero.

Setelah hampir satu dekade memberkati rumput Liga Primer Inggris, Aguero akhirnya pamit. Musim ini adalah musim terakhirnya bersama Manchester City. Sepuluh tahun ia lewati dengan kejayaan, lima trofi Liga Primer, satu trofi Piala FA, dan lima trofi Piala Liga.

Angka individualnya mungkin bahkan lebih mengesankan. Kun, begitu sapaan akrabnya, adalah pencetak gol terbanyak City sepanjang masa. Ia memiliki rasio menit ke gol terbaik dalam sejarah kompetisi elite Negeri Ratu Elizabeth.

Bahkan Aguero menasbihkan sebagai pencetak hattrick terbanyak di Liga Primer daripada siapa pun, dan pemain bertinggi 175 cm berada di urutan keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris sepanjang masa.

Dengan kepastian meninggalkan Etihad Stadium pada musim panas ini, beberapa mantan rekan setimnya di Manchester City seperti Micah Richards, Jermaine Jenas, dan Nedum Onuoha memberikan gambaran tentang kehadiran Aguero dalam tubuh the Citizens.

"Sejak dia datang, Anda akan terkagum-kagum. Anda memiliki perasaan mengejutkan," kata Richards dilansir BBC Sports, Jumat (21/5).

Aguero bergabung dengan City dari Atletico Madrid pada 2011 seharga 35 juta pounds pada usia 23 tahun. Pemain asal Argentina tersebut telah membantu Los Rojiblancos meraih kesuksesan di Liga Europa.

Sementara debut Aguero bersama the Eastland terjadi pada pertandingan pembuka City musim 2011. Ia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-59, tak merasa canggung Aguero pun sukses mencetak dua gol untuk menandai kedatangannya ke Kota Manchester.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement