Jumat 21 May 2021 13:36 WIB

Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Nusa Mandiri

Universitas Nusa Mandiri siap mencetak lulusan yang berkompeten di bidangnya.

Universitas Nusa Mandiri mendukung sepenuhnya program Kemendikbud, mengenai merdeka belajar kampus merdeka.
Foto: Dok UNM
Universitas Nusa Mandiri mendukung sepenuhnya program Kemendikbud, mengenai merdeka belajar kampus merdeka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kampus merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Merdeka belajar kampus merdeka memiliki tujuan hak belajar tiga semester di luar program studi untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik itu soft skills maupun hard skills. Dengan program dari Kemendikbud ini, diharapkan mahasiswa akan lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman yang terus berkembang cepat.

Universitas Nusa Mandiri mendukung sepenuhnya program Kemendikbud, mengenai merdeka belajar kampus merdeka. Universitas Nusa Mandiri sebagai perguruan tinggi yang telah terakreditas B, dan berkomitmen menciptakan lulusan di bidang teknologi sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM), Dr Dwiza Riana mengatakan, kampus UNM menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian, di bidang teknologi informasi.

“Universitas Nusa Mandiri mendukung penuh program Kemendikbud dengan terus mengembangkan potensi sesuai dengan passion dan bakat mahasiswa. Juga tak lupa terus membuka dan melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi lain serta banyak institusi, baik itu swasta ataupun dari pemerintah untuk memfasilitasi mahasiswa dalam program magang dan penempatan kerja,” paparnya kepada media, Senin (17/5).

Ia menyebutkan Universitas Nusa Mandiri juga terus mendorong serta memotivasi mahasiswa untuk terus meningkatkan penelitian ilmiah mereka. Dengan begitu, mahasiswa dapat mengasah kemampuan berpikir kritis mereka lebih dalam sesuai dengan rumpun keilmuannya masing-masing.

“Dengan kemampuan berpikir kritis, mahasiswa akan lebih mendalami, memahami dan mampu melakukan metode riset secara lebih baik. Selain itu, Universitas Nusa Mandiri juga senantiasa mendorong mahasiswa untuk peduli pada lingkungan dengan menjalankan proyek-proyek kemanusiaan.  Di sini mahasiswa akan berlatih dari mulai perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi dari mitra yang sudah mempunyai pengalaman dalam hal penanganan bencana,” terangnya.

Sinergi dengan program merdeka belajar, Universitas Nusa Mandiri juga giat memotivasi mahasiswa dalam program wirausaha. Ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa  Universitas Nusa Mandiri yang telah sukses menjadi pengusaha muda. Mahasiswa yang berminat berwirausaha akan mendapat pembinaan melalui wadah Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC). Mereka akan dibina dan dibimbing menjadi wiramuda kreatif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa.

“Dengan program merdeka belajar kampus merdeka ini, Universitas Nusa Mandiri siap mencetak lulusan yang berkompeten di bidangnya dan siap menjawab segala tantangan masa depan, baik menjadi seorang profresional ataupun entrepreneur demi mewujudkan Indonesia maju,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement