Jumat 21 May 2021 10:31 WIB

Dosen BSI Beri Pelatihan Optimalisasi Mail Marge

Pelatihan mail marge untuk memudahkan pembuatan surat pengurus Yayasan Nurul Hikmah

Dosen dan mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Sukabumi sukses mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pemanfaatan mail merge. Bertempat di jalan Ciandam Gg Raksa I  Rt 03, kelurahan Cibeureum Hilir, kecamatan Cibeureum, Sukabumi, kegiatan ini bertujuan untuk efisiensi pembuatan surat kegiatan pada pengurus Yayasan Nurul Hikmah.
Foto: BSI
Dosen dan mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Sukabumi sukses mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pemanfaatan mail merge. Bertempat di jalan Ciandam Gg Raksa I Rt 03, kelurahan Cibeureum Hilir, kecamatan Cibeureum, Sukabumi, kegiatan ini bertujuan untuk efisiensi pembuatan surat kegiatan pada pengurus Yayasan Nurul Hikmah.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Dosen dan mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Sukabumi sukses mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan pemanfaatan mail merge. Bertempat di jalan Ciandam Gg Raksa I  Rt 03, kelurahan Cibeureum Hilir, kecamatan Cibeureum, Sukabumi, kegiatan ini bertujuan untuk efisiensi pembuatan surat kegiatan pada pengurus Yayasan Nurul Hikmah. 

Taufik Hidayatulloh selaku ketua pelaksana menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam menyelesaikan masalah yang terjadi pada masyarakat. 

“Permasalahan yang dihadapi oleh pengurus Yayasan dan tenaga pendidikan di Yayasan Nurul Hikmah ialah kepengurusan surat menyurat mengenai kegiatan yang akan dilakukan. Dalam pembuatan surat kegiatan, pengolahan data masih dilakukan melalui penulisan tangan, dan awamnya penggunaan komputer membuat dosen Universitas BSI berkontribusi memberikan pelatihan,” ujar Taufik dalam rilis yang diterima, Senin (17/5). 

Lis Saumi Ramdhani selaku tutor kegiatan menjelaskan bahwa banyak kelebihan yang dimiliki oleh mail merge. Selain memudahkan aktivitas surat menyurat, mail merge juga menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan dalam pengiriman email dengan banyak alamat. 

“Selain itu, mail merge juga lebih efisien dalam penggunaan waktu, karena kemudahan dalam pengiriman surat massal menjadi lebih ringkas dan cepat dalam pembuatannya. Mail merge juga dapat menangani pembuatan label surat, direktori, bahkan amplop surat,” jelas Lis. 

Ia berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini dapat membuat pengurus Yayasan Pendidikan Nurul Hikmah mengaplikasikannya secara langsung dalam pengolahan surat menyurat di Yayasan tersebut. 

“Harapan kami setelah dilakukan pelatihan ini, pengurus Yayasan Pendidikan Nurul Hikmah dapat memanfaatkan hasil pelatihan Optimalisasi Mail Marge bisa diaplikasi pada setiap kegiatan di sini. Kedepannya kami dari Universitas BSI Sukabumi bisa kembali memberikan pelatihan disini dan membantu pemecahan masalah yang dihadapi,” tutupnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement