Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Kunci Utama untuk Bisa Datangkan Haaland

Jumat 21 May 2021 10:30 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

Erling Haaland dari Dortmund bereaksi setelah kebobolan gol 1-2 selama perempat final Liga Champions UEFA, pertandingan sepak bola leg kedua antara Borussia Dortmund dan Manchester City di Dortmund, Jerman, 14 April 2021.

Erling Haaland dari Dortmund bereaksi setelah kebobolan gol 1-2 selama perempat final Liga Champions UEFA, pertandingan sepak bola leg kedua antara Borussia Dortmund dan Manchester City di Dortmund, Jerman, 14 April 2021.

Foto: EPA-EFE/FREDERIC SCHEIDEMANN
kepindahan Haaland itu agaknya akan sulit terwujud pada bursa transfer musim panas

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Konsistensi performa Erling Haaland dalam merobek gawang lawan, setidaknya dalam dua musim terakhir, membuat sejumlah klub besar Eropa berebut untuk mendapatkan tanda tangannya.

Namun, kepindahan Haaland itu agaknya akan sulit terwujud pada bursa transfer musim panas mendatang.

Pasalnya, Borussia Dortmund, selaku klub pemilik Haaland, enggan melepas striker berusia 20 tahun tersebut. Manajemen Die Borussen pun dikabarkan telah memasang banderol transfer selangit buat penyerang asal Norwegia tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, Dortmund baru mau melepas Haaland apabila ada klub yang berani membayar nilai transfer mencapai 180 juta euro pada jendela transfer musim panas mendatang.

Angka ini tentu menjadi nilai transfer yang besar buat klub-klub seperti Real Madrid, Barcelona, Manchester City, ataupun Manchester United, yang sempat disebut-sebut sebagai peminat terbesar Haaland. Apalagi, pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan cukup besar pada kondisi keuangan klub.

Tidak hanya itu, keberhasilan Dortmund memastikan satu tiket untuk tampil di Liga Champions musim depan juga membuat peluang Haaland untuk bertahan di Stadion Signal Iduna-Park pada musim depan makin besar.

Kendati begitu, masih ada sejumlah peluang buat klub-klub peminat Haaland untuk bisa mengamankan tanda tangan eks penyerang RB Salzburg tersebut.

Kunci utama untuk bisa merekrut Haaland adalah kesabaran. Klub-klub peminat Haaland bisa menunggu setidaknya hingga 2022 mendatang. Peluang untuk merekrut Haaland memang jauh lebih besar pada awal musim 2022/2023.

''Pada saat itu, Dortmund kemungkinan besar akan menurunkan permintaan nilai transfer Haaland, hingga mencapai sekitar 75 juta euro atau hingga 100 juta euro,'' tulis laporan Mundo Deportivo, Jumat (21/5).

Hal ini tidak terlepas dari adanya nilai klausa pelepasan Haaland, yang baru bisa diaktifkan pada 2022 mendatang. Kabarnya, situasi Haaland ini terus dipantau oleh Real Madrid dan Barcelona.

Di sisi lain, dua klub itu juga belum bisa sepenuhnya fokus untuk merekrut Haaland pada bursa transfer musim panas kali ini. Madrid telah menempatkan penyerang PSG, Kylian Mbappe, sebagai target utama pada bursa transfer awal musim depan.

Sementara Barcelona dikabarkan mulai mundur dari perburuan tanda tangan Haaland demi bisa fokus mempertahankan Lionel Messi.

Dua klub itu pun jauh lebih leluasa dalam upaya mendapatkan Haaland pada 2022 mendatang. Aspek lain yang dapat membujuk Haaland meninggalkan Stadion Signal Iduna-Park adalah rencana dari masing-masing klub dalam hal torehan prestasi.

''Proyek olahraga yang ditawarkan masing-masing klub kepada Haaland akan memegang peranan kunci. Pasalnya, pemain tersebut sudah bersiap untuk tampil di level tertinggi sepak bola Eropa,'' lanjut laporan Mundo Deportivo.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA