Jumat 21 May 2021 06:04 WIB

Puncak Acara Dies Natalis UNJ Digelar Secara Daring

Ini merupakan kali kedua UNJ menyelenggarakan dies natalis di masa pandemi.

Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam puncak acara Dies Natalis ke-57
Foto: Humas UNJ
Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam puncak acara Dies Natalis ke-57

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Negeri  Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Sidang Terbuka Universitas dalam rangka Dies Natalis ke-57 UNJ, yang berbarengan dengan Peringatan Hari Kebangkian Nasional 2021 pada Kamis (20/5). Kegiatan ini merupakan Puncak dari berbagai rangkaian acara yang sudah dan akan dilakukan oleh Panitia Dies Natalis ke-57 UNJ sejak bulan April 2021 hingga Juni 2021. Kegiatan Puncak Acara Dies Natalis ke-57 UNJ diadakan secara luring dan daring.

Secara luring kegiatan ini diadakan di Gelanggang Olahraga (GOR), Kampus B UNJ. Peserta kegiatan yang hadir secara luring diberlakukan tes swab terlebih dahulu dan diterapkan protokol kesehatan secara ketat dengan jumlah peserta terbatas. Sedangkan secara daring kegiatan ini dilakukan melalui Zoom dan Live Streaming Youtube Channel Edura TV.

Kegiatan puncak acara Dies Natalis ke-57 UNJ ini dihadiri oleh para Pejabat Pemerintah, para Rektor beberapa Universitas, Ketua dan Sekretaris Senat UNJ, Para Wakil Rektor dan Ketua Lembaga, Pimpinan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Kepala Biro, Kepala Badan, Kepala Satuan, Kepala UPT, Dosen, Tendik, dan Mahasiswa serta masyarakat umum termasuk alumni di dalamnya.

Pada puncak acara Dies Natalis ke-57 UNJ, ucapan selamat Dies Natalis ke-57 UNJ disampaikan oleh para pejabat negara/pemerintah, para duta besar, para pimpinan berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri, dosen, mahasiswa, alumni UNJ serta para mitra UNJ dan masyarakat umum  melalui berbagai media, salah satunya video singkat yang ditayangkan secara daring.

Pejabat negara yang termasuk memberikan ucapan selamat  Dies Natalis ke-57 UNJ, yaitu Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dan juga Wakil Presiden Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin. Selain itu, mantan Presiden ke-5 Republik Indonesia, Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri dan juga mantan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, Dr. H. Muhammad Jusuf Kalla turut menyampaikan ucapan selamat kepada  UNJ atas acara Dies Natalis ke-57 secara daring.

Para menteri juga turut memberikan ucapan selamat kepada UNJ dalam Dies Natalis ke-57. Para menteri yang memberikan ucapan selamat secara daring, yaitu Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan Republik Indonesia, Erick Thohir selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, dan Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Kemudian pejabat negara lainnya yang turut mengucapkan selamat Dies Natalis ke-57, yaitu  Dr. Jazilul Fawald, MA selaku Wakil Ketua MPR  Republik Indonesia dan  Jenderal TNI (Purn) Dr. Wiranto, S.H, S.I.P, M.M  selaku Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia dan Ketua Dewan Penyantun UNJ.

Pada rangkaian puncak acara Dies Natalis ke-57 ini, diisi kegiatan Orasi Ilmiah oleh Abdul Halim Iskandar yang merupakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Dr. Sofia Hartati, M.Pd selaku Ketua Panitia Dies Natalis ke-57 UNJ menyampaikan rasa terimakasih atas perhatian dan dukungan semua pihak yang telah menyukseskan acara dies natalis UNJ ke-57. Melalui Dies Natalis ke-57 UNJ ini, semoga menjadi penyemangat kita bersama untuk menjadikan UNJ sebagai kampus yang unggul dan bereputasi, ungkap Dr. Sofia Hartati, M.Pd.

Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, M.Si mengatakan untuk kali kedua UNJ menyelenggarakan Dies Natalisnya dalam masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia  dan Indonesia. Kondisi Pandemi ini, janganlah sampai mendistorsi semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Melalui Dies Natalis ke-57 UNJ ini menjadi momentum untuk lebih meningkatkan sinergitas dan soliditas sivitas UNJ menuju era kebangkitan UNJ sebagai kampus yang unggul dan bereputasi, baik secara nasional maupun internasional.

"Soliditas dan sinergitas yang dibangun tersebut harus mampu meningkatkan produktitas, kinerja, keunggulan, dan reputasi UNJ," kata Komarudin dalam rilisnya, Kamis. Komarudin mengemas harapan tersebut dengan tagline Bersama kita Jaya, Bersatu Kita Maju.

Lebih lanjut, Rektor UNJ menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam rangkaian Dies Natalis ke-57 UNJ, baik pemerintah, IKA UNJ, para Mitra, dan terutama Panitia Penyelenggara Dies Natalis ke-57 di bawah Koordinasi Dr. Sofia Hartati,  M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) serta Prof. Dr. Yufiarti, M.Psi, Dekan Fakultas  Pendidikan Psikologi (FPP).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement