Kamis 20 May 2021 20:49 WIB

Pengacara HRS Serukan Persatuan dan Saling Memaafkan

Kebencian bukan menjadi solusi atas permasalahan bangsa.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Mas Alamil Huda
Kuasa Hukum HRS Aziz Yanuar (kedua kiri).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kuasa Hukum HRS Aziz Yanuar (kedua kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengacara Habib Rizieq Shihab (HRS), Aziz Yanuar, menyerukan persatuan semua elemen bangsa di momen Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang dirayakan tiap 20 Mei. Ia menitip pesan agar bangsa Indonesia jangan sampai terpecah belah.

"Kebangkitan nasional adalah momen luar biasa untuk persatuan nasional," kata Aziz kepada Republika.co.id, Kamis (20/5).

Aziz menyinggung soal kebencian tak akan menjadi jalan persatuan bangsa. Menurutnya, kebencian bukan menjadi solusi atas permasalahan bangsa. Ia mengingatkan pentingnya rasa saling memaafkan.

"Dendam dan kebencian tidak akan dapat membangun negara tapi memaafkan dan konsolidasi selalu menjadi jalan menuju kebangkitan sebuah bangsa," ujar Aziz.

Aziz juga menekankan seruan persatuan memang tidak akan menghilangkan perselisihan. Namun ia optimis seruan itu mampu menutup setiap celah bagi musuh dalam melakukan upaya pecah belah.

"Kita tidak akan kalah karena jumlah yang sedikit, tapi akan kalah karena pertikaian. Karena tidak ada hal yang lebih wajib setelah tauhid keimananan kecuali persatuan. Mari bersatu," seru Aziz. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement