Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Ruben Dias Raih Penghargaan Pemain Terbaik 2021 Versi FWA

Kamis 20 May 2021 20:02 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Ruben Dias (kanan) dan rekan duetnya di lini belakang Manchester City, John Stones.

Ruben Dias (kanan) dan rekan duetnya di lini belakang Manchester City, John Stones.

Foto: AP/Gareth Copley/Pool Getty
Dias menjadi bek pertama sejak 1989 yang meraih penghargaan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bek tengah Manchester City, Ruben Dias, baru saja dinobatkan sebagai pemenang Football of the Year (FWA) 2021. Pencapaian Dias sebagai pemain bertahan yang menyabet gelar tersebut sekaligus jadi yang pertama sejak 1989 silam.

Bek Portugal itu mendapat suara lebih banyak daripada rekan setimnya di Manchester City, Kevin De Bruyne, dan striker Tottenham Hotspur, Harry Kane, untuk mengeklaim penghargaan tersebut.

"Ini adalah hak yang sangat istimewa, saya sangat bahagia. Tapi, saya berterima kasih besar kepada rekan setim dan klub. Saya tak bisa melakukannya tanpa kesuksesan tim," kata Dias dilansir Sky Sports, Kamis (20/5).

Keunggulan Manchester City dalam perjalanan mendapatkan gelar Liga Primer 2020/2021 musim ini tercermin dalam pemungutan suara saat sembilan pemain asuhan Josep Guardiola mengambil suara yang menyumbang 50 persen dari total suara yang diberikan.

Dias menjadi komando lini belakang the Citizens sekaligus merupakan aktor penting bagi kokohnya tembok pertahanan Man City.

Kehadiran Dias ke Stadium Etihad pada September 2020 dari Benfica mengisi lubang yang ditinggalkan oleh Vincent Kompany. Dias sendiri mengaku tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan filosofi permainan Man City karena ia sangat menggemari taktik rival sekota Manchester United tersebut.

"Saya memiliki gagasan tentang apa yang akan saya lakukan dan saya ingin mengintegrasikan diri saya secepat mungkin," sambung Dias.

Pesepak bola berusia 24 tahun ini telah membuat 48 penampilan di semua kompetisi, membantu pasukan Guardiola mengamankan titel Liga Primer Inggris, Piala Liga, dan lolos hingga ke final Liga Champions 2020/2021.

Dias juga merupakan pemain ketiga setelah Gianfranco Zola dan Juergen Klinsmann yang menerima penghargaan FWA usai menjalani musim debutnya di Inggris. Selain itu, Dias berhasil memutus puasa gelar FWA untuk para pemain bertahan sejak terakhir kali dimenangkan oleh pemain Liverpool, Steve Nicol, pada 1989 silam.

Kemitraannya dengan John Stones di jantung pertahanan skuad Guardiola, yang hanya kebobolan total 32 gol di liga, memainkan peran penting dalam kemenangan City di Liga Primer Inggris.

Setelah City hanya meraih satu kemenangan dalam tiga pertandingan pertama liga, pengaruh Dias membantu City meraih kemenangan beruntun 21 pertandingan di semua kompetisi, termasuk 15 kemenangan beruntun di Liga Primer.

Dias bergabung dengan Fran Kirby dari Chelsea, yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Wanita FWA untuk kedua kalinya dalam kariernya awal bulan ini. Trofi FWA telah diberikan sejak 1948 ketika Sir Stanley Matthews menjadi penerima pertamanya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA