Kamis 20 May 2021 14:00 WIB

Doa yang Dianjurkan Syekh Nawawi Agar Husnul Khatimah

Syekh Nawawi menganjurkan setiap Muslim berdoa agar husnul khatimah.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syekh Nawawi al-Bantani mengisahkan dalam kitabnya Nasihaiul Ibad, bahwa Imam al- Ghazali pernah dimimpikan oleh seseorang. Dalam mimpinya sang hujatullah Islam ini ditanya.

"Bagaimana perlakuan Allah SWT terhadap Anda?"

Baca Juga

Beliau menjawab: "Allah SWT membawaku ke hadapannya kemudian Allah SWT berfirman kepadaku: "Oleh sebab apa aku membawamu ke sisiku?" Maka, aku menyebutkan berbagai amalan ketika Allah SWT berfirman. 

"Aku tidak menerimanya amalan-amalan itu, sesungguhnya yang aku terima darimu ialah ketika suatu hari ada seekor lalat yang hinggap di wadah tintamu itu lalu meminumnya, padahal kamu sedang menulis, lalu kamu menghentikan kegiatan menulismu itu hingga lalat selesai meminumnya, kamu melakukan itu karena kasihan terhadap lalat tersebut." 

Kemudian Allah SWT memerintahkan: "Bawalah hamba Aku ini ke surga."

Syekh Nawawi mengatakan, dari sebab-sebab agar mendapatkan husnul khatimah (akhir hayat yang baik), dianjurkan untuk membiasakan membaca doa sebagai berikut. 

"Ya Allah muliakanlah umat Muhammad ini dengan kebaikan pahalamu di dunia dan akhirat sebagaimana penghormatan bagi orang-orang yang menjadi umatnya".

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement