Kamis 20 May 2021 05:37 WIB

Rating Facebook di Play Store Terus Turun

Pada Kamis (20/5), terpantau rating Facebook sebesar 2,5.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook
Foto: EPA
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rating atau ulasan Facebook di Play Store terus turun. Pada Kamis (20/5), terpantau rating Facebook sebesar 2,5.  

Di kolom komentar terbaru, pengguna yang memberi rating rendah beralasan ada berbagai masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh Facebook, seperti iklan, privasi, juga pengaturan suara.

Baca Juga

Contohnya, salah seorang pengguna JM Coulas yang memberi rating 1 pada 18 Mei. Dia mengatakan, sangat terganggu dengan iklan Facebook. Dia mengatakan, di Facebook dia bahkan lebih sering melihat iklan dibandingkan kiriman. Ulasan ini disukai 797 pengguna.

"Saya benci jumlah iklannya. Itu merusak pengalaman menggunakan aplikasi. Tidak peduli berapa kali saya memblokir iklan atau memperbarui pengaturan iklan, tidak ada yang berubah. Saya memahami bahwa pasti ada beberapa iklan, tetapi saya sampai pada titik di mana saya melihat lebih banyak iklan daripada kiriman orang lain," tulis dia.

Pengguna lain, Runch Tanvichit, juga memberikan bintang 1 pada aplikasi Facebook pada 18 Mei. Dia mengeluhkan tentang fitur suara di Facebook. Dia merasa jengkel karena tak bisa mematikan suara di aplikasi Facebook yang menurutnya sering menjengkelkan.

"Sound in app' hilang. Sangat menjengkelkan karena tidak bisa dimatikan. Masalah ini terjadi untuk waktu yang lama dan Facebook bahkan tidak peduli atau memperhatikan untuk memperbaikinya. Jadi, saya mencoba untuk semakin jarang menghabiskan waktu saya di Facebook setiap hari. Jika memungkinkan, saya tidak akan memberikan bintang apa pun," tulis dia.

Selanjutnya, bintang 1 juga diberikan karena keluhan privasi. Pengguna Mustapha Zegaou memberikan ulasan bintang 1 pada 18 Mei dan mengatakan khawatir akan privasinya. Menurutnya, Facebook membuat ponsel menjadi tidak aman.

"Aplikasi ini tidak lagi seperti sebelumnya, data Anda tidak rahasia dan ponsel Anda tidak akan aman, mereka dapat mendapatkan privasi Anda. Saya telah menggunakan aplikasi ini sejak 2009 dan saya berhenti selama sekitar 3 tahun dan saya kembali lagi karena sebagian besar teman saya menggunakannya. Saya sudah menggunakannya, tetapi saya pasti akan menyingkirkannya," tulis dia.

Beberapa hari lalu, pada ulasan Facebook di Play Store, tampak warganet berdemo dengan memberikan bintang satu karena membela Palestina.  Pada Selasa (20/5) komentar di Play Store dipenuhi oleh warganet Indonesia.

Mayoritas mereka mengeluhkan konten yang diblokir oleh pihak Facebook karena menyudutkan Israel atau memberitakan soal Palestina. Beberapa pengguna mengatakan bahwa Facebook belakangan menjadi corong golongan tertentu.

Kantor media Pemerintah Palestina di Jalur Gaza juga telah mengkritik beberapa platform media sosial selain Facebook, yaitu Twitter dan Instagram, yang diduga menyensor konten Palestina selama eskalasi di Yerusalem. Langkah ini disebut sebagai bukti keterlibatan dengan otoritas Israel dan standar ganda.

Jika aplikasi ini terus mendapat rating yang buruk, Facebook bukan tidak mungkin akan disingkirkan dari Play Store. Setidaknya dibutuhkan hingga 100 ribu pengguna di Play Store untuk memberikan ulasan bintang satu di Facebook, yang diyakini akan membuat aplikasi ini dapat ‘disingkirkan’ oleh Google.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement