Kamis 20 May 2021 04:43 WIB

Kisah Kaisar Mali yang Kaya Raya dan Dermawan

Kaisar Mali, Kanku Musa, mungkin adalah orang terkaya yang pernah hidup di Bumi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Masjid Sankore di Timbuktu, Mali.
Foto: National Geographic
Masjid Sankore di Timbuktu, Mali.

REPUBLIKA.CO.ID, BAMAKO -- Kaisar Mali, Kanku Musa, mungkin adalah orang terkaya yang pernah hidup di Bumi. Kemewahannya memungkinkannya mengubah Timbuktu menjadi kota yang menakjubkan. Pemerintahannya berlangsung antara 1313 dan 1337.

Kanku Musa lahir sekitar tahun 1280 di Manden. Meskipun namanya sering disebut sebagai Kankan Musa, "Kankan" adalah deformasi dari "Kanku" yang asli. Ini adalah nama perempuan yang didapat dari ibunya. Beberapa kelompok etnis utama adalah matriarkal, sehingga laki-laki juga memakai nama ibu mereka.

Baca Juga

Pada 1313, setelah kematian kakak laki-lakinya Abu Bakar II, Musa menjadi pemimpin Kekaisaran Mali. Selama pemerintahan puluhan tahun, ia menyebarkan budaya Islam di sekitar Mali, dan Kekaisaran menjadi salah satu negara paling makmur di dunia.

Kanku Musa berasal dari keluarga kerajaan Keita, yang memerintah Mali selama berabad-abad. Dia adalah seorang kaisar yang sangat kaya yang membangun negara yang kuat dan berkembang selama masa pemerintahannya.

 

Menurut tradisi lisan, kakeknya Abu Bakar I adalah adik dari Sunjata Keita, pendiri Kekaisaran Mali. Pemerintahan Musa sesuai dengan zaman keemasan Kekaisaran Mali. Disebut sebagai Mansa (Raja) Musa, "Penakluk Ghanata" atau "Penguasa Tambang Wangara," Kanku Musa memerintah pada saat eksplorasi sumber daya alam paling makmur.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement