Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Sejumlah Makanan Penurun Kolesterol

Rabu 19 May 2021 21:32 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Makanan sehat bisa mengurangi risiko terkena kolesterol tinggi.

Makanan sehat bisa mengurangi risiko terkena kolesterol tinggi.

Foto: PixaHive
Makanan sehat bisa mengurangi risiko terkena kolesterol tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumsi makanan yang sehat dan berolahraga yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan memilih makanan yang lebih sehat, Anda dapat mengurangi risiko terkena kolesterol tinggi, yang berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Kolesterol bersirkulasi melalui darah, dan dengan memiliki terlalu banyak kolesterol jahat (LDL), secara perlahan dapat menumpuk di arteri. Hal ini menyebabkan penyumbatan yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke (melalui American Heart Association).

Baca Juga

Menurut Verywell Health, Anda dapat menurunkan kolesterol jahat dengan mengonsumsi lebih banyak serat larut, yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Meskipun ada dua jenis serat , larut dan tidak larut, menurut Mayo Clinic, sedikitnya lima hingga 10 gram serat larut setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat Anda. 

Menurut  Everyday Health, rekomendasi nasional untuk asupan serat adalah 30 hingga 38 gram setiap hari untuk pria, 25 gram setiap hari untuk wanita 18 hingga 50 tahun, dan 21 gram per hari untuk wanita di atas usia 51 tahun. Anda dapat menemukan serat larut dalam makanan seperti oatmeal, kacang-kacangan, kentang, dan beri (melalui WebMD). 

The Mayo Clinic  melaporkan makanan tinggi asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) seperti alpukat, zaitun, dan kacang-kacangan, membantu meningkatkan kadar kolesterol. Penelitian  menunjukkan korelasi antara makan satu buah alpukat sehari dengan kadar kolesterol jahat kecil dan padat yang lebih rendah. 

"Kami dapat menunjukkan bahwa ketika orang memasukkan satu alpukat sehari ke dalam makanan mereka, mereka memiliki lebih sedikit partikel LDL padat dan kecil daripada sebelum diet" (melalui ScienceDaily )," ujar Profesor Nutrisi terkemuka, Penny Kris-Etherton, seperti dilansir dari laman Health Digest, Rabu (19/5).

USNews melaporkan kacang-kacangan yang juga tinggi MUFA dapat menurunkan kolesterol LDL dan juga meningkatkan tekanan darah, bonus yang bagus untuk kesehatan jantung Anda. Penelitian menunjukkan makan segenggam kacang (30 gram) setiap hari dapat semakin mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA