Rabu 19 May 2021 17:42 WIB

Komunitas Pospay Permudah Transaksi Hingga Pelosok

Banyaknya kantor pos yang tersebar diseluruh Indonesia menjadi kekuatan utama Pospay.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Petugas mengoperasikan aplikasi POSPAY.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Petugas mengoperasikan aplikasi POSPAY.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- PT Pos Indonesia (Persero) baru-baru ini meluncurkan produk yang dinamakan Pospay. Aplikasi teknologi keuangan (financial technology/fintech) ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding pemain fintech lainnya.

Pospay adalah sebuah platform digital berbasis rekening giro yang dapat mengakses layanan giro pos, transaksi keuangan maupun layanan Pos Indonesia lainnya secara mobile. Aplikasi ini memudahkan nasabah untuk bertransaksi apapun dalam satu genggaman seperti transfer ke bank, bayar BPJS, belanja online, pembayaran multifinance, pembayaran TV kabel, pajak, asuransi, beli pulsa, PLN, PDAM, PGN, pembelian tiket kereta dan berbagai kemudahan layanan lainnya. Pospay juga bisa diakses melalui seluruh jaringan kantor pos di Indonesia.

Banyaknya kantor pos yang tersebar diseluruh Indonesia, menjadi kekuatan utama Pospay. Dengan diluncurkannya aplikasi Pospay, PT Pos Indonesia ingin menyasar masyarakat kelas menengah ke bawah yang selama ini belum memiliki akses layanan perbankan terutama masyarakat di pedesaan.

Untuk mengembangkan pengguna aplikasi Pospay, PT Pos Indonesia (Persero) menggandeng CV Satu Nafas Indonesia sebagai partner untuk menyosialisasikan dan menggaet nasabah menggunakan aplikasi Pospay dan membentuk sebuah komunitas yang diberi nama “POSPAY MANIA”.

Saat ini Pospay Mania baru hadir di pulau jawa, antara lain Jawa Barat dengan kota Sumedang, Cirebon, Tasik, Sukabumi dan Bogor, untuk Jawa Tengah terdapat di kota Wonosobo, Purwokerto, Banjarnegara, Brebes dan Cilacap sedangkan untuk Jawa Timur berada di kota Kediri, Malang, Pasuruan, Mojokerto dan Madiun.

Menurut Koordinator lapangan Pospay Mania untuk wilayah Jawa Hadi Suwarno, pihaknya sangat terbantu dengan adanya aplikasi Pospay. Karena, kebutuhan berbagai pembayaran ada dalam aplikasi ini.

“Saya dapat membayar berbagai tagihan dari satu aplikasi Pospay, fiturnya sederhana dan mudah digunakan, untuk pengisian saldonya juga tidak memberatkan konsumen," ujar Hadi dalam siaran persnya, Rabu (19/5).

Menurut Hadi, Pospay bisa diunduh melalui playstore dan appstore, cukup dengan mengisi data-data yang dibutuhkan seperti nomor handphone, email, nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan beberapa data lainnya seperti Kode Referral Pospay Mania C000339030 serta mengisi saldo awal sebesar Rp 30 ribu.

Sedangkan untuk bergabung di Komunitas Pospay Mania, kata dia, dapat di cari via aplikasi telegram dengan cara klik pencarian. Lalu cari kata POSPAY MANIA, maka akan keluar grup-grup dari Pospay Mania disetiap daerah di pulau jawa, siapapun yang sudah mempunyai KTP bisa gabung didalam grup komunitas tersebut.

Andri Gustiawan yang juga penggagas komunitas Pospay Mania mengatakan, dengan hadirnya Komunitas Pospay Mania, masyarakat di daerah dapat terbantu untuk mengetahui lebih banyak manfaat aplikasi Pospay dan cara menggunakannya. “Jadi kami ingin membantu masyarakat di daerah terutama di pedesaan, agar memanfaatkan tabungan Pospay dari PT Pos Indonesia," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement