Rabu 19 May 2021 16:41 WIB

Tips Rapat Virtual Tetap Profesional Meski Kerja di Rumah

Partisipasi pada aktivitas rapat virtual mampu mencerminkan eksistensi profesional.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Bekerja dari rumah.
Foto: Andrea Verdelli/Getty Images
Ilustrasi Bekerja dari rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi membawa banyak perubahan di dunia kerja. Kini, lantaran pandemi membuat banyak orang bekerja dari rumah.

Meski bekerja dari rumah bukan berarti bisa bebas. Aspek-aspek profesionalis me tetap harus menjadi perhatian. Salah satunya, ketika kita akan melakukan rapat virtual.

Baca Juga

Regional Product Marketing Manager APAC Jabra, Ling Lu, menjelaskan, di antara berbagai aktivitas bekerja dari rumah, rapat virtual dilihat sebagai salah satu kegiatan utama yang kerap mengisi agenda profesional dalam berbagai bidang pekerjaan. Dengan demikian, partisipasi pada aktivitas rapat virtual mampu mencerminkan eksistensi profesional seseorang pada rekan maupun mitra kerjanya.

Ia pun membagikan beberapa tip sukses rapat virtual, di antaranya:

* Posisikan kamera sejajar dengan mata. Hindari posisi yang terlalu ke bawah ataupun terlalu ke atas. Biasanya dengan meletakkan kamera di sisi atas monitor. Jika dengan laptop, bisa gunakan penopang tambahan agar kamera sejajar.

* Duduk pada posisi tengah layar. Dekatkan kamera hingga setidaknya wajah memenuhi 50 persen layar dengan menyisakan sedikit ruang kosong di atas kepala kita.

* Jika terdapat isu koneksi internet, matikan incoming video stream. Hal ini tidak akan mengganggu koneksi internet peserta lainnya

* Gunakan pakaian sopan dan formal. Jika perlu berdandan dengan layak.

* 57 persen orang yang melakukan rapat virtual mudah terdistraksi oleh notifikasi telepon selu larnya seperti surel, percakapan, dan panggilan yang masuk. Belum lagi terhadap situasi seki tarnya. Memberi perhatian penuh akan sangat membantu kita untuk membangun koneksi dengan peserta rapat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement