Rabu 19 May 2021 14:24 WIB

Kadin Bangun Sentra Vaksinasi Gotong Royong di Senayan Park

Lebih dari 22 ribu badan usaha telah mendaftar dalam program vaksinasi gotong royong.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Vaksin Covid 19 (ilustrasi).
Foto: Flickr
Vaksin Covid 19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia membangun fasilitas Sentra Vaksinasi Gotong Royong yang dikunjungi Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani, Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Senayan Park Mall, Jakarta, Rabu (19/5).

Menurut Rosan, hadirnya sentra vaksinasi gotong royong ini merupakan bentuk komitmen nyata dari Kadin. Kata Rosan, Kadin tak hanya menginisiasi atas hadirnya program vaksinasi gotong royong dan menfasilitasi badan usaha yang mau membeli vaksin untuk karyawan dan keluarga karyawan, tetapi juga membantu perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki kerja sama dengan Fasilitas Layanan Kesehatan (fasyankes), terutama UMKM, khususnya yang di Jakarta untuk dapat mengggunakan layanan kesehatan Sentra Vaksinasi Gotong Royong.

Baca Juga

"Jadi, Kadin Vaksin Center ini berfungsi sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi. Kami harapkan fasilitas yang ada sudah bisa memenuhi kebutuhan untuk dilakukannya vaksinasi," ujar Rosan.

Rosan menyampaikan Kadin Vaksin Center yang berada di Senayan Park Mall bisa menampung dan melakukan vaksinasi minimal 500 orang hingga maksimal 1000 orang per hari."Pelaku usaha menantikan vaksin ini, karena untuk mempercepat operasional usaha mereka agar segera pulih. Kita harapkan dengan adanya vaksinasi di kalangan bisnis akan turut berimbas positif terhadap pertumbuhan ekonomi kita," kata Rosan.

 

Program tersebut telah diikuti baik oleh UMKM dan korporasi. Rosan menyebut sentra vaksinasi gotong royong untuk memudahkan pelaksanaan vaksinasi bagi peserta program vaksin gotong royong yang diperuntukan bagi kalangan swasta, khususnya usaha menengah dan kecil. 

Rosan mengatakan Kadin telah menghimpun lebih dari 22 ribu badan usaha yang mendaftar terhitung sejak akhir Januari hingga saat ini.

Kadin telah memulai pelaksanaan (kick off) vaksinasi gotong royong serentak di 18 perusahaan pada Selasa (18/5) yang dibuka secara resmi Presiden Joko Widodo. Saat itu, sedikitnya ada 200 perusahaan yang sudah mendaftarkan karyawan atau yang dengan keluarga karyawannya sebagai peserta mengikuti vaksinasi tahap pertama.

Peserta vaksinasi dalam acara kick off itu merupakan perusahaan yang telah mendaftar di tahap pertama, selain juga sesuai arahan pemerintah pelaksanaan diutamakan pada sektor manufaktur/padat karya, antara lain Unilever Indonesia, Indocement Tunggal Prakarsa, Chandra Asri Petrochemical, Hanjaya Mandala Sampoerna, Pan Brothers, Toyota Motor Manufacturing Indonesia,  Mayora Indah, Kalbe Farma, Coca Cola Bottling Indonesia,  Yuasa  Battery Indonesia, Sinar Mas,  Astra Otoparts,  United Tractors, Ariobimo Laguna Perkasa, Gunung Sewu Kencana, Gajah Tunggal, Indah Kiat Pulp and Paper, serta Asahimas  Flat Glass.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement