Jumat 21 May 2021 11:08 WIB

Instagram Versi Anak Mungkin akan Diluncurkan, Para Ahli Berusaha Menghentikannya

Instagram Versi Anak Mungkin akan Diluncurkan, Para Ahli Berusaha Menghentikannya

Red:
Instagram Anak
Instagram Anak

Bagi para orangtua yang memiliki anak-anak yang masih kecil, pertanyaan seputar "screen time" atau waktu yang diberikan bagi anak untuk menatap layar gawai bisa menjadi pertanyaan yang menjengkelkan.

Apa batas waktu sampai bisa dikatakan sudah terlalu lama?

Apakah tidak apa-apa membiarkan mereka duduk diam dengan tatapan yang melekat pada layar?

Awal tahun ini, sebuah memo yang bocor telah mengungkapkan niat Facebook untuk membuat perangkat telepon lebih menarik bagi anak-anak dengan rencana mengembangkan Instagram versi anak yang ditargetkan bagi anak berusia 13 tahun ke bawah.

Responnya, mungkin seperti yang sudah diduga, adalah protes dari berbagai kalangan.

Sejumlah pakar kesehatan masyarakat global dan para pegiat advokasi anak terkemuka segera menandatangani surat pernyataan bersama berisi keprihatinan mereka.

Mereka menyodorkan sejumlah fakta yang mengaitkan penggunaan media sosial di kalangan remaja dengan masalah seputar perudungan, depresi, rasa percaya diri dan bentuk tubuh.

Jadi, mengapa membawa masalah-masalah ini kepada anak-anak? 

Facebook akan mengaplikasikan lagi sisi gelap dalam desain platformnya, yang adalah algoritma dan personalisasi, untuk menarik perhatian anak-anak.

Dan jika orang dewasa saja sangat sulit menolak trik manipulasi ini, apa jadinya dengan anak-anak?

"Meskipun mengumpulkan data keluarga yang berharga dan mengembangkan generasi baru pengguna Instagram mungkin adalah hal yang baik untuk keuntungan Facebook, hal itu kemungkinan akan meningkatkan penggunaan Instagram oleh anak-anak yang sangat rentan terhadap fitur yang manipulatif dan eksploitatif di platform tersebut," kata mereka dalam surat yang dikirimkan kepada bos Facebook Mark Zuckerberg.

Minggu lalu, surat protes yang kedua dikirim ke Facebook.

Yang satu ini berasal dari setidaknya 40 orang jaksa agung di AS yang meminta perusahaan yang dipimpinnya untuk "mengabaikan rencananya" membuat Instagram untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun.

"Lebih lanjut, Facebook juga secara historis telah gagal melindungi kesejahteraan anak-anak di dalam platformnya."

Perusahaan media sosial semakin menargetkan anak-anak

Namun, meski ide "Instagram untuk anak-anak" telah mendapat banyak perhatian, Facebook tidak sendirian di antara perusahaan media sosial yang ingin menargetkan anak-anak.

Demografi anak-anak semakin dilihat sebagai khalayak baru yang belum dimanfaatkan, dan salah satu cara untuk mengamankan khalayak masa depan: pengguna Instagram untuk anak-anak pra-remaja secara alami akan mendaftar ke versi dewasa saat mereka beranjak dewasa.

Sementara itu, YouTube for Kids (diluncurkan pada 2015) kini telah menjadi raksasa konten.

Perusahaan pemasaran sekarang mempromosikan apa yang mereka sebut dengan tanaman "pemberi pengaruh anak-anak" yang memiliki jutaan pelanggan sebagai merek untuk menargetkan demografi yang lebih muda.

Dan para orangtua adalah pihak yang terjebak di antara anak-anak dan berbagai suguhan konten anak-anak.

Mereka ini umumnya diberitahu bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar berbahaya untuk anak, dan mereka juga bertanggung jawab untuk membatasi akses anak-anak mereka.

Hasilnya? Konflik.

Waktu yang dihabiskan di depan layar telah menjadi sumber konflik keluarga

Dari klinik kecanduan internet anak-anak miliknya di Sydney utara, psikolog Brad Marshall telah mengamati penggunaan layar yang terus meningkat di antara anak-anak selama satu dekade terakhir.

Dalam kurun waktu itu, dia memperhatikan perubahan jenis kasus yang masuk ke kliniknya.

Sebagian besar tentang menegosiasikan 'screen time', dan secara khusus tentang fakta bahwa beberapa anak tidak ingin bernegosiasi.

"Sepuluh tahun lalu, masalah [menghabiskan waktu di depan] layar mungkin 20-30 persen dari beban kasus saya," kata Marshall.

Dalam beberapa "kasus ekstrem", katanya, anak-anak menjadi kasar saat layar mereka diambil.

"Orang tua yang bertengkar hebat dengan anak-anak karena soal layar adalah salah satu hal terbesar yang kami tangani," katanya.

Dia melihat cerita serupa di grup pengasuhan Facebook. Pada satu titik, setelah setuju untuk memoderasi salah satu grup ini, dia mendapati dirinya menerima "ratusan pesan sehari dari orang tua" tentang topik negosiasi waktu layar.

"Saya tidak bisa menjawab semuanya" katanya.

... tetapi apakah itu hanya karena ada lebih banyak layar?

Apa yang menyebabkan 'screen time' menjadi sumber utama konflik dalam keluarga sampai kini tidak jelas, meskipun ada beberapa kemungkinan penjelasannya.

Sayangnya, bagi orang tua yang mencari jawaban tentang lamanya waktu layar, beberapa teori yang beredar berujung pada kesimpulan yang sangat berbeda.

Penjelasan pertama adalah bahwa perubahannya bersifat neurologis: waktu layar yang berlebihan merusak bagian otak anak-anak yang terkait dengan kontrol impuls dan membuat mereka kurang mampu mengelola emosi mereka.

Pendukung teori ini merujuk pada studi yang menggunakan pemindaian otak untuk menunjukkan hubungan antara peningkatan waktu layar dan penipisan materi abu-abu di lobus frontal.

Penjelasan kedua adalah bahwa layar pasti menjadi sumber konflik dalam keluarga adalah karena layar telah menjadi bagian terbesar dari kehidupan kita.

Sepuluh tahun yang lalu, sebagian besar aplikasi terpopuler saat ini belum ditemukan.

Orang Australia menghabiskan sekitar sepertiga hari mereka di depan layar dan mungkin bahkan lebih dari itu sekarang, setelah COVID dan pergeseran pola bekerja dan belajar dari rumah.

Menurut teori ini, orang tua tidak perlu khawatir tentang efek negatif dari waktu layar yang menyebabkan mereka terlalu mengatur penggunaan layar anak-anak mereka.

Ini menciptakan konflik. Beberapa orang mengatakan bahwa akar masalahnya adalah demonisasi waktu layar itu sendiri.

Mengukur efek waktu layar terhadap otak

Wayne Warburton, seorang profesor psikologi perkembangan di Macquarie University dan seorang ahli terkemuka tentang pengaruh waktu layar yang lama pada otak, menganut teori yang pertama.

Dr Warbuton, yang juga wakil presiden Australian Council on Children and the Media, yang ikut menandatangani surat pada bulan April tentang versi anak-anak dari Instagram, melukiskan gambaran mengerikan yang mungkin tidak asing bagi siapa pun yang menonton film dokumenter The Social Dilema.

Konsumsi anak-anak atas konten "tanpa pemikiran" merusak bagian otak mereka, katanya.

Sementara perusahaan besar mencari cara untuk mengeksploitasinya dengan membangun platform yang, seperti mesin pokie, menggunakan strategi kepuasan yang ditangguhkan tanpa henti untuk membuat mereka tetap bertahan.

Dia yakin sebagian besar media sosial "tidak memerlukan pemikiran", dan hal yang sama berlaku untuk YouTube untuk Anak.

(Perlu diketahui bahwa komite pemerintah AS baru-baru ini menggambarkan platform tersebut sebagai "gurun konten konsumerisme yang hambar" di mana hanya 4 persen video yang memiliki konten pendidikan.)

"Saat Anda menggunakan media yang tidak memerlukan pikiran, di mana Anda mengonsumsi tetapi tidak terlibat dengannya secara kognitif, otak mulai berhenti tumbuh," kata Dr. Warburton.

Ini menjelaskan agresi yang dilaporkan oleh Marshall, katanya.

"Kecanduan layar berhubungan dengan tingkat agresi yang tinggi."

'Tunggu dan lihat' hasil studi yang sedang berlangsung

"Kecanduan layar" tidak dikenali sebagai gangguan resmi, seperti obat-obatan atau bahkan kecanduan judi.

Namun pada 2019, Organisasi Kesehatan Dunia mengambil langkah untuk mengenali kecanduan layar dengan menambahkan "gangguan permainan online" ke daftar resmi kondisi kesehatan mental.

Ini pada dasarnya mengakui kemungkinan bahwa orang bisa kecanduan game online.

Bagi Dr Warburton, perbedaan antara bermain game dan jenis waktu layar lainnya tidaklah penting.

Apakah seorang anak sedang memainkan permainan "tanpa pikiran" atau menonton video "tanpa pikiran", katanya, bagian otak tetap akan berhenti tumbuh.

Beberapa studi pencitraan otak menunjukkan individu dengan kecanduan game online memiliki atrofi yang signifikan di berbagai area otak, seperti lobus frontal, yang bertanggung jawab untuk pengendalian diri dan jalur penghargaan.

Namun dia mengakui bahwa gambaran tersebut tidak lengkap: studi pencitraan otak saat ini belum melacak apa yang terjadi pada otak dari waktu ke waktu, termasuk apakah bagian yang berhenti tumbuh tumbuh kembali.

"Kami benar-benar harus menunggu dan melihat," katanya.

'Tidak semua waktu layar sama berbahayanya'

Michael Dezuanni, seorang profesor di bidang media digital dan pembelajaran di Queensland University of Technology dan kepala peneliti dari pusat penelitian nasional yang baru-baru ini diluncurkan tentang efek teknologi digital pada anak-anak, memiliki teori yang sangat berbeda untuk menjelaskan mengapa waktu layar telah menjadi sumber. konflik dalam keluarga.

"Saya sama sekali tidak terkejut masalah itu akan muncul dalam sesi konseling," katanya.

"Tetapi waktu layar yang menjadi sumber konflik dalam beberapa hal merupakan masalah yang terpisah dengan layar sebagai masalah itu sendiri."

Waktu di depan layar merupakan sebagian dari sumber konflik, katanya, karena kita sendiri yang membuatnya.

Fokus pada kecanduan dan gagasan bahwa waktu menonton sama berbahayanya membuat orang tua cemas.

"Berfokus pada kecanduan mengalihkan perhatian dari beberapa kerumitan yang lebih dalam pada waktu layar anak-anak," katanya.

Saran pemerintah Australia saat ini adalah tidak lebih dari dua jam waktu layar per hari untuk anak-anak.

Tetapi Profesor Dezuanni mengatakan pendekatan yang lebih baik akan mengenali bahwa, misalnya, anak-anak yang memposting foto selfie di Instagram tidak boleh dimasukkan dalam kategori potensi bahaya yang sama seperti mereka bermain Minecraft atau menonton YouTube.

"Apa yang kami lihat seiring dengan COVID adalah bahwa pedoman tentang waktu layar selama dua jam sehari menjadi sedikit tidak masuk akal," katanya.

Ini membawa kita kembali ke Facebook yang sedang menjajaki rencana untuk mengembangkan versi Instagram untuk anak-anak.

Seperti Dr Warburton, Profesor Dezuanni tidak ingin melihat ini terjadi, meskipun untuk alasan yang berbeda.

“Bedanya dengan Instagram, keseluruhan fokusnya terletak pada representasi diri,” ucapnya.

"Saat anak mewakili diri sendiri, mereka mungkin tidak memiliki kemampuan untuk mengetahui representasi diri yang  seperti apa yang sesuai untuk dibagikan dengan orang lain.

"Kami mungkin melihat anak-anak usia tujuh atau delapan tahun menampilkan diri dalam pose yang mungkin tidak pantas untuk dibagikan oleh anak-anak satu sama lain."

Dalam sebuah pernyataan yang dibuat pada bulan April, seorang juru bicara Facebook mengatakan perusahaan tidak akan menampilkan iklan di produk Instagram apa pun yang dikembangkan untuk anak-anak di bawah 13 tahun, dan berencana untuk berkonsultasi dengan para ahli tentang kesehatan dan keselamatan anak-anak dalam proyek tersebut.

"Kenyataannya adalah anak-anak sudah memasuki dunia maya," kata juru bicara itu.

"Mereka ingin terhubung dengan keluarga dan teman mereka, bersenang-senang dan belajar, dan kami ingin membantu mereka melakukannya dengan cara yang aman dan sesuai usia."

Diproduksi oleh Hellena Souisa dari artikel ABC News dalam bahasa Inggris

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement