Rabu 19 May 2021 12:32 WIB

Meski Pandemi, Job Fair Virtual Serap Ratusan Pencari Kerja

Job fair mengurangi masalah minimnya informasi pasar kerja yang dicari pencari kerja

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Sebanyak 632 orang pencari kerja dapat terserap dalam kegiatan job fair virtual yang digelar Pemkot Sukabumi pada April 2021 lalu. Mereka ditempatkan di sebanyak 13 perusahaan yang ikut dalam kegiatan job fair tersebut
Foto: istimewa
Sebanyak 632 orang pencari kerja dapat terserap dalam kegiatan job fair virtual yang digelar Pemkot Sukabumi pada April 2021 lalu. Mereka ditempatkan di sebanyak 13 perusahaan yang ikut dalam kegiatan job fair tersebut

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Sebanyak 632 orang pencari kerja dapat terserap dalam kegiatan job fair virtual yang digelar Pemkot Sukabumi pada April 2021 lalu. Mereka ditempatkan di sebanyak 13 perusahaan yang ikut dalam kegiatan job fair tersebut.''Sebenarnya ada sebanyak 2.606 lowongan untuk 58 formasi yang berasal dari 17 perusahaan yang ikut dalam job fair,'' ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi Didin Syarifudin kepada Republika, Selasa (18/5).

Namun dari jumlah yang melamar sebanyak 3.142 orang dan yang diterima hanya 632 orang atau 21,87 persen. Sementara jumlah kunjungan pencari kerja ke webiste sebanyak 46.567 orang. Didin mengatakan, untuk ikut job fair ini warga membuka website http : disnaker.sukabumikota.go.id/jobs dan selanjutnya pencari kerja bisa mencari list pekerjaan yang diinginkan.

Job fair ini  mengurangi masalah minimnya informasi pasar kerja yang diterima pencari kerja. Sehingga dengan job fair ini informasi lowongan kerja yang tersedia sesuai minat, bakat, dan kemampuan pencari kerja.

Sebanyak 1.519 lowongan pekerjaan disiapkan dalam Job Fair virtual yang digelar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Sukabumi mulai Selasa (27/4). Targetnya kegiatan ini mampu menekan laju angka pengangguran yang meningkat di masa pandemi Covid-19.

'' Selama 13 bulan pandemi semua pihak terdampak termasuk dunia usaha dan industri, namun jangan pasrah karena harus cari solusi terbaik,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Itulah sebabnya di tengah semangat pemerintah pusat pemulihan ekonomi dan dikuatkan kota dan provinsi termasuk Kota Sukabumi.

Intinya lanjut Fahmi, pemda tetap bergerak misalnya mengundang dan mengumpulkan pelaku usaha dan industri mari sama-sama melangkah dan muncullah Job Fair virtual dan Kota Sukabumi yang mengawali di Jabar. Semangatnya kebersamaan dunia usaha dan indusri untuk maju dan pemda harus hadir termasuk mendukung warga yang membutuhkan pekerjaaan.

Data statistik menunjukkan peningkatan angka pengangguran dampak dari pandemi, harapannya dengan job fair virtual mampu menekan angka pengangguran dan kemiskinan meskipun agak tertatih . '' Kami pemda ucapkan terima kasih kepada pelaku usaha yang terlibat langsung dalam kegiatan ini,'' kata Fahmi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement