Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Euro 2020, Tim Favorit, Kuda Hitam, dan Calon Top Skorer

Rabu 19 May 2021 01:28 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Euro 2020.

Euro 2020.

Foto: dok. Istimewa
Timnas Prancis menjadi favorit juara di pentas Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piala Eropa (Euro) 2020 akan segera dimulai satu bulan lagi. Stadion Olimpico akan jadi lokasi laga pembuka. Fan sepak bola di seluruh Eropa telah lama menanti turnamen ini, setelah setahun ditunda akibat pandemi Covid-19.

Karena itu, ini adalah calon tim dan pemain favorit di Piala Eropa, dikutip dari Marca, Selasa (18/5).

Bicara tim favorit, tentu tak bisa melepas Prancis. Le Bleus merupakan juara bertahan Piala Dunia. Kylian Mbappe masih memimpin skuad yang penuh dengan pemain berbakat tersebut. Dengan Didier Deschamps yang masih jadi pelatih, Prancis jadi tim paling ditakuti saat ini. Apalagi, lima tahun lalu Prancis merupakan finalis kompetisi ini.

Selain itu, ada juara Piala Eropa 2016, Portugal, yang di atas kertas punya skuad yang lebih kuat dibanding saat tampil di Prancis. Kapten Cristiano Ronaldo kini ditemani Ruben Dias, Bruno Fernandes, Juan Felix, Bernardo Silva, dan Diogo Jota.

Terakhir, dengan turnamen yang digelar di berbagai negara, Inggris lebih punya peluang dibanding siapapun. Tiga pertandingan grup yang dihuni skuad asuhan Gareth Southgate ini bakal dimainkan di Wembley.

Kuda hitam

Ada Belanda dan Italia, yang mencatatkan laju impresif selama babak kualifikasi. Kroasia, yang tidak disangka bisa membawa trofi, kini jadi pesaing setelah pada Piala Dunia 2018 melaju sampai final. Lalu ada Denmark yang memiliki pemain di beberapa klub top Eropa, seperti Kasper Schmeichel, Andreas Christensen, Christian Eriksen, dan Martin Braithwaite di lini depan.

Ukraina dan Turki juga tidak boleh diremehkan, dengan generasi muda mereka yang menjanjikan. Wales, yang diisi oleh Gareth Bale, telah semakin meningkat kali ini.

Calon top skorer

Antoine Griezmann jadi buah bibir pada Euro 2016 Prancis dengan meraih Golden Boot. Musim panas kali ini, Cristiano Ronaldo masih dijagokan sebagai pencetak gol terbanyak. Sementara Harry Kane meraih prestasi tersebut pada Piala Dunia 2018. Robert Lewandowski juga bisa jadi calon top skorer. Namun hal itu tergantung seberapa jauh Polandia melaju.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA