Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Ini yang Terjadi Bila Makan Ayam Setiap Hari

Selasa 18 May 2021 20:42 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Makan ayam setiap hari juga disebut dengan diet ayam.

Makan ayam setiap hari juga disebut dengan diet ayam.

Foto: Pickpik
Makan ayam setiap hari juga disebut dengan diet ayam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan ayam setiap hari, atau yang disebut diet ayam disebut metode menghilangkan lemak secara cepat. Pola makan itu adalah bagian dari kelompok mono diet, atau monotrofik, yang berfokus hanya makan satu makanan untuk setiap makan setiap hari.vr,

Diet ayam menjadi berita utama beberapa tahun lalu, ketika aktor Matt Damon mengatakan dia hanya makan dada ayam untuk menurunkan sekitar 27 kg untuk kebutuhan syuting. Dalam Reddit Ask Me Anything, Damon mengakui itu bukan cara makan paling sehat, dan hanya melakukannya untuk peran tersebut.

Baca Juga

Dilansir Health Digest pada Selasa (17/5), para ahli setuju dengan pendapat bahwa diet ayam tidak sehat. Ahli diet terdaftar di Ohio State University Wexner Medical Center, Stacey L. Pence mengatakan beberapa binaragawan memilih jenis diet mono yang berfokus hanya pada protein, dengan keyakinan salah bahwa itu membantu membangun otot dan menjaga tubuh.

"Jenis diet ini bukanlah ide yang bagus. Itu salah satu diet paling ekstrim, dengan tidak ada peluang sukses jangka panjang tapi dengan banyak peluang menyebabkan masalah kesehatan,” kata Pence.

Kenapa harus menghindari diet ayam? Diet mono seperti diet ayam dapat memiliki beberapa efek kesehatan negatif. Pertama, hanya mengandalkan satu makanan untuk semua kebutuhan energi dapat menyebabkan kekurangan nutrisi. Meskipun ayam merupakan sumber protein, vitamin B6, fosfor, niasin, dan selenium yang baik, ayam kekurangan beberapa nutrisi penting seperti vitamin C dan folat. Karena kekurangan nutrisi dapat berkembang dengan cepat, diet ayam untuk waktu yang singkat dapat membuat Anda berisiko.

Mengikuti diet mono juga dapat menyebabkan kebiasaan makan yang tidak sehat. Memotong seluruh kelompok makanan sepenuhnya dapat menyebabkan efek psikologis yang bertahan lama, seperti kecemasan atau rasa bersalah saat kembali ke kebiasaan makan yang lebih normal. Itu adalah gejala gangguan makan. Bagi kebanyakan orang, pola makan ayam juga terlalu ketat dan tidak berkelanjutan. Makan makanan yang sama untuk semua waktu makan setiap hari bisa menjadi monoton dan menyebabkan kelelahan diet, sehingga sangat sulit untuk diikuti.

Hal itu dapat menyebabkan orang berhenti makan untuk menurunkan berat badan, dan pada gilirannya menyebabkan makan berlebihan dan penambahan berat badan. Jenis diet itu, yang sering disebut diet yo-yo, tidak sehat dan dapat membuat Anda berisiko mengalami sejumlah masalah kesehatan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA