Komisi IV Minta Pemerintah Lunasi Utang Rp 1,27 T ke Bulog

Pelunasan utang akan membantu Bulog dalam kelancaran arus kas keuangan perusahaan

Selasa , 18 May 2021, 20:36 WIB
Pekerja mengangkut beras saat proses penyaluran beras ke pasar-pasar di Gudang Perum BULOG, (ilustrasi). Komisi VI DPR meminta pemerintah segera melunasi utang dengan Bulog sebanyak Rp 1,27 triliun.

Budi mengatakan, mengingat pencairan piutang pemerintah ke Bulog sangat penting dan berdampak pada arus kas, pihaknya berharap agar pelunasan utang ke Bulog dapat segera dilakukan.

Pentingnya pembayaran utang pemerintah mengingat beban utang Bulog kepada perbankan yang juga sangat besar. Budi menyampaikan, hingga saat ini total utang Bulog kepada perbankan mencapai total Rp 14 triliun.

Di tengah beban utang yang besar, Budi memasikan kegiatan stabilisas pasokan dan harga pada dua komoditas pangan pokok itu tetap dijalankan. Hingga saat ini, ia mencatat total stok beras di gudang Bulog mencapi 1,39 juta ton. Volume tersebut terdiri dari cadangan beras pemerintah (CBP) sebesar 1,37 juta ton serta beras komersial 17,3 ribu ton.

Adapun stok gula pasir yang dikuasai Bulog saat ini sebanyak 12.183 ton. Komoditas lainnya yakni daging sapi beku 25 ton, daging kerbau beku 1.030 ton, tepung terigu 438 ton, serta minyak goreng 348 kilo liter.