Selasa 18 May 2021 17:51 WIB

Hampir 1.000 Dokter India Meninggal Terpapar Covid-19

Anas Mujahid menjadi dokter termuda yang meninggal akibat virus Covid-19.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Covid-19 gelombang kedua di India mulai menyebar ke wilayah perdesaan.
Foto: EPA-EFE/IDREES MOHAMMED
Covid-19 gelombang kedua di India mulai menyebar ke wilayah perdesaan.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -– Sebanyak 244 dokter di India telah meninggal akibat Covid-19 sepanjang tahun ini. Sementara pada 2020, terdapat 736 dokter yang meninggal karena terinfeksi virus tersebut.

Dokter termuda India yang meninggal akibat Covid-19 tahun ini adalah Anas Mujahid (26 tahun). Dia adalah dokter residen muda di Delhi's Guru Teg Bahadur Hospital, rumah sakit khusus penanganan Covid-19. Mujahid meninggal hanya beberapa jam setelah dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Baca Juga

Rekan Mujahid, yakni Dr Aamir Sohail mengungkapkan Mujahid sebenarnya hanya memiliki gejala ringan. Namun, dalam kasus yang langka, Mujahid mendadak pingsan dan akhirnya meninggal karena pendarahan intrakranial. Dia belum divaksinasi.

“Mengejutkan. Dia tidak memiliki penyakit penyerta. Orang tuanya juga memberitahu kami bahwa dia tidak pernah menghadapi masalah kesehatan apa pun. Kami hanya tidak dapat memahami bagaimana hal itu bisa terjadi,” kata Sohail, dikutip laman NDTV, Selasa (18/5).

Sohail mengaku, dia, Mujahid, dan rekan-rekan dokter lainnya belum divaksinasi. “Proses vaksinasi kami selama bertugas (menangani) Covid lama sekali. Kami harus memberitahu atasan dan mendapatkan tanda tangan mereka dan lain-lain,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement