Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Vaksin Gotong Royong Bantu Pulihkan Kepercayaan Investor

Selasa 18 May 2021 14:47 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Friska Yolandha

Memteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Memteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Investasi nanti pada akhirnya akan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 gotong royong oleh perusahaan kepada karyawannya dapat membantu pemulihan ekonomi negara. Sebab, vaksinasi gotong royong akan membantu suksesnya vaksinasi nasional yang berdampak pada kembalinya kepercayaan masyarakat di Indonesia maupun dunia terhadap penanganan Covid-19 di Tanah Air.

"Dengan vaksinasi ini maka para investor, para pelaku usaha akan lebih percaya diri lagi untuk melakukan suatu perencanaan yang matang dan realisasi investasi," kata Bahlil saat meninjau pelaksanaan vaksinasi gotong royong ke para pekerja di PT Unilever Indonesia, Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, yang disiarkan secara virtual, Selasa (18/5).

Bahlil melanjutkan, ini nantinya berdampak pada peningkatan ekonomi dan investasi ke Indonesia. Selain itu, Bahlil menjelaskan, investasi nanti pada akhirnya akan menciptakan lapangan pekerjaan baru. 

"Yang pada akhirnya mampu menciptakan lapangan pekerjaan," kata Bahlil.

Hal ini juga berdampak pada peningkatan pendapatan negara. Apalagi kata Bahlil, pemulihan ekonomi nasional disumbang oleh konsumsi dan investasi. Karena itu, ia mendukung penuh vaksinasi gotong royong oleh dunia usaha.

"Terimakasih kepada Kadin dan dunia usaha yang melakukan vaksinasi gotong royong, semoga ini menjadi momentum positif bagi Indonesia dan dunia internasional, melihat bagaiamana Indonesia memanage menyelesaikan maupun menyiasati Covid-19 yang ada di negara kita," kata Bahlil.

Ia menilai vaksin gotong royong juga membantu negara dalam program vaksinasi nasional. Sebab, jika vaksinasi hanya dibebankan kepada negara akan sangat berat.

"Sebagai bangsa yang memang dari awal sudah menganut asas gotong royong, kalau negara aja yang dikasih tanggung jawab, saya pikir akan menjadi beban yang lebih berat tetapi kalau kita sama-sama mengambil tanggung jawab ini, itu akan jauh lebih baik," kata Bahlil 

Bahlil mengatakan, vaksinasi gotong royong yang pertama kalinya digelar ini juga diharapkan dapat meningkatkan target vaksinasi nasional. Dengan begitu, target kekebalan komunitas atau herd immunity sebesar 182 juta penduduk, bisa segera tercapai.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 gotong royong untuk para pekerja di PT Unilever Indonesia, Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Selasa (18/5). Vaksinasi gotong royong ini merupakan yang pertama kalinya digelar dan dilakukan secara serentak kepada para pekerja di belasan perusahaan.

Karena vaksinasi gotong royong pagi hari ini telah dimulai, saya berada di PT Unilever di Jababeka dan saya melihat ada 18 lokasi perusahaan, pabrik, industri yang juga bersama-sama melaksanakan vaksinasi gotong royong,” ujar Jokowi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA