Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Kantor Perwakilan Hong Kong di Taiwan Ditutup Sementara

Selasa 18 May 2021 14:32 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam.

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam.

Foto: EPA-EFE/JEROME FAVRE
Penutupan ini ditengarai bagian dari memanasnya hubungan China-Taiwan.

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG--Kantor perwakilan Hong Kong di Taiwan ditutup sementara. Juru bicara pemerintah Kota Hong Kong mengatakan keputusan ini tidak berkaitan dengan lonjakan kasus infeksi virus Corona di sana.

Hubungan antara pemerintah Hong Kong yang didukung Beijing dan Taiwan menegang sejak lalu 2019. Saat itu demokrasi pro demokrasi pecah di Hong Kong.

Hubungan semakin menghangat  setelah China menerapkan undang-undang keamanan nasional di Hong Kong tahun lalu dengan alasan untuk menahan gelombang unjuk rasa.

Taipei mengkritik undang-undang keamanan tersebut yang dan mendorong banyak aktivis di kota itu mengungsi. Taiwan membuka kantor cabang di Hong Kong untuk membantu warga yang ingin meninggalkan kota itu.

Tahun lalu pejabat Taiwan di Hong Kong diberitahu visa mereka tidak dapat diperbaharui kecuali mereka menandatangani dokumen yang mendukung klaim China terhadap Taiwan di bawah kebijakan 'satu Cina'.

Biro Urusan China Daratan dan Konstitusi Hong Kong mengumumkan menghentikan sementara kantor Ekonomi, Perdagangan dan Budaya Taiwan. Mereka tidak memberikan penjelasan apa pun. Mereka mengatakan bantuan warga Hong Kong di Taiwan akan dilakukan melalui telepon dan situs.

"Penangguhan ini tidak berkaitan dengan situasi pandemi di Taiwan, kami tidak dapat menyampaikan lebih lanjut," kata juru bicara pemerintah Hong Kong.

Dewan Urusan China Daratan Taiwan mengatakan mereka sedang bekerja untuk merespon masalah ini.

Baca Juga

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA