Selasa 18 May 2021 12:28 WIB

Universitas Sumatera Utara Target Internasionalisasi 5 Tahun

Internasionalisasi kampus menjadi target utama Universitas Sumatera Utara (USU).

Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) di Kota Medan.
Foto: Dok USU
Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) di Kota Medan.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin mengatakan target utama perguruan tinggi negeri itu adalah internasionalisasi kampus selama lima tahun. "Pentingnya kerja sama dan kontribusi semua pihak yang ada di USU untuk menyukseskan Rencana Strategis (Renstra) USU 2021-2026," kata Muryanto, dalam sambutannya ketika melantik 15 dekan pada lingkungan USU, Senin (17/5).

Ia menyebutkan, tugas dalam internasionalisasi kampus bukanlah pekerjaan yang mudah karena diperlukan kerja keras dan kerja cerdas untuk mewujudkannya. Untuk itu sebagai pejabat publik, dekan harus mampu menyusun daftar prioritas kerja.

Baca Juga

"Kita perlu menentukan priority. Tentu harus mampu mengidentifikasi peluang, hambatan, tantangan, serta kesempatan. List itulah yang bisa menentukan prioritas mana yang dikerjakan lebih dahulu dalam sebuah perencanaan," ujarnya.

Muryanto mengatakan, identifikasi tersebut haruslah diawali dengan program studi yang berada di bawah naungan fakultas. Dekan terpilih dapat mengenali dan mengidentifikasi seluruh program studi yang berada di wilayahnya.

Program studi sebagai langkah awal dan langkah penting dalam mewujudkan internasionalisasi kampus. "Basis kita bukan di fakultas maupun universitas.Basis kita itu adalah program studi.Tidak ada fakultas yang baik jika program studinya tidak baik, dan begitu juga universitasnya.Perlu disadari bahwa program studi itu adalah ujung tombak, karena program studi bersentuhan langsung dengan mahasiswa dan tugas fungsi dosen," katanya.

Rektor menambahkan, sebagai pejabat publik, dekan harus memiliki kecakapan yang mumpuni dan moral dalam menjalankan tugas serta tanggung jawabnya. Kecakapan mumpuni dan moral menjadi kualifikasi yang dibutuhkan dari seorang pejabat publik.

Sementara itu, dari 15 Dekan di lingkungan USU yang dilantik, beberapa diantaranya Prof Dr dr Aldy Safrudin Rambe, Sp,S (K) (Dekan Fakultas Kedokteran), Dr Mahmud Siregar,SH,MHum (Dekan Fakultas Hukum), Dr Ir Tavi Supriana,MS (Dekan Fakultas Pertanian), Dr Ir Fahmi,ST,MSc (Dekan Fakultas Teknik), dan Dr Fadli,SE,MSi (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement