Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Merger Gojek Tokopedia Bidik Kontribusi 2% PDB Nasional

Selasa 18 May 2021 09:46 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Bidik Konsumsi Rumah Tangga, Merger Gojek Tokopedia Bidik Kontribusi 2% PDB Nasional (Foto: GoTo)

Bidik Konsumsi Rumah Tangga, Merger Gojek Tokopedia Bidik Kontribusi 2% PDB Nasional (Foto: GoTo)

Gojek dan Tokopedia resmi mengumumkan merger di bawah bendera GoTo.

Gojek dan Tokopedia akhirnya resmi mengumumkan merger yang dilakukan keduanya. Keduanya bergabung di bawah bendera baru, yakni GoTo. Dengan mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan, Grup GoTo akan membidik sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Indonesia memiliki PDB lebih dari US$1 triliun (Rp14.000 triliun), serta merupakan negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia dengan total penduduk 270 juta. Grup GoTo akan menggarap potensi besar pertumbuhan ekonomi Indonesia yang memiliki segmen kelas menengah yang terus bertumbuh pesat serta populasi muda yang sangat tanggap teknologi.

Baca Juga: Sah! Gojek-Tokopedia Resmi Merger Jadi GoTo

"Ke depannya, Grup GoTo akan berkontribusi lebih dari 2% kepada total PDB Indonesia dan akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja serta peluang penghasilan seiring dengan berkembangnya bisnis kami dan bertumbuhnya ekonomi," ujar Patrick Cao dari Tokopedia yang ditunjuk sebagai Presiden GoTo dalam rilisnya, Senin (16/5/2021).

Perusahaan secara grup (gabungan keduanya) memiliki total Gross Transaction Value (GTV) lebih dari US$22 miliar (sekitar Rp314 triliun) pada tahun 2020. Klaimnya juga grup memiliki lebih dari 1,8 miliar transaksi pada tahun 2020; lebih dari dua juta mitra driver yang terdaftar per Desember 2020; lebih dari 11 juta mitra usaha (merchant) per Desember 2020; dan lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU).

Patrick mengatakan, dengan menggabungkan karakteristik layanan dari kedua perusahaan, layanan grup GoTo menjadi lebih variatif.

"Model bisnis Grup GoTo menjadi makin beragam, stabil, dan berkelanjutan. GoTo mengombinasikan transaksi platform Gojek yang memiliki volume dan frekuensi yang tinggi dengan platform e-commerce Tokopedia yang memiliki frekuensi medium, tetapi dengan nilai transaksi tinggi," kata Patrick.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA