Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Greenwood Ingin Bela Inggris di Euro 2020, Tapi...

Selasa 18 May 2021 10:46 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar

Pemain Manchester United, Mason Greenwood, berhasrat membela Timnas Inggris di ajang Euro 2020.

Pemain Manchester United, Mason Greenwood, berhasrat membela Timnas Inggris di ajang Euro 2020.

Foto: AP Photo/Jon Super
Greenwood mengatakan akan sangat menyenangkan bisa tampil di Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Winger milik Manchester United (MU) Mason Greenwood mengaku sangat ingin membela timnas Inggris di Euro 2020 UEFA. Keinginan berlaga di turnamen Piala Eropa itu disampaikan setelah performanya yang terus membaik dalam satu setengah bulan terakhir.

Dengan koleksi enam gol, winger asal Inggris itu menjadi pemain paling produktif di skuat Manchester United di pentas Liga Primer Inggris terhitung sejak April silam. Catatan performa Greenwood ini jauh meningkat dibanding para paruh pertama Liga Inggris musim ini, yang hanya berhasil mencetak satu gol.

Kini, tidak pernah absen di tujuh laga terakhir United di Liga Primer Inggris, tepatnya sejak awal bulan lalu, Greenwood telah mengemas enam gol dan satu assist. Peningkatan performa Greenwood ini seolah datang pada saat yang tepat.

Pasalnya, pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, tengah menyusun daftar pemain yang bakal memperkuat The Three Lions pada putaran final Piala Eropa 2020, Juni-Juli mendatang.

Rencananya, Southgate akan mengumumkan daftar 26 pemain skuad Inggris di putaran final Piala Eropa 2020 pada 25 Mei mendatang.

Menilik catatan performa dalam satu setengah bulan terakhir, Greenwood pun digadang-gadang bakal dipanggil oleh Southgate untuk tampil di putaran final Piala Eropa 2020.

Kendati begitu, pemain yang baru mengemas satu caps bersama timnas senior Inggris itu tidak mau berandai-andai.

Meski mengaku berharap bisa tampil di putaran final Piala Eropa 2020, jebolan akademi sepak bola United itu pasrah apabila tidak dipercaya memperkuat timnas Inggris di turnamen paling bergengsi antara negara-negara Eropa tersebut.

Greenwood lebih memilih untuk fokus untuk bisa tampil maksimal pada sisa musim ini.

''Akan sangat menyenangkan bisa tampil di Piala Eropa 2020. Namun, saya ingin sepenuhnya fokus pada dua laga pamungkas United di Liga Primer Inggris dan partai final Liga Europa."

"Apa yang terjadi, terjadilah. Saya tidak terlalu memikirkan soal peluang memperkuat timnas Inggris di Piala Eropa 2020,'' tutur Greenwood dalam wawancara dengan Sky Sports, Selasa (18/5).

Pengalaman pertama Greenwood menghuni tim senior Inggris memang tidak terlalu menyenangkan. Sempat dipanggil Southgate untuk tampil di UEFA Nations League pada Agustus silam, Greenwood hanya tampil sebagai pemain pengganti, tepatnya di laga kontra Islandia.

Namun, bersama Phil Foden, Greenwood terpaksa meninggalkan pemusatan latihan timnas Inggris lantaran melanggar aturan protokol kesehatan Covid-19 dengan menghadiri sebuah pesta. Greenwood kini berharap, bisa mempertahankan tren positif penampilannya pada sisa musim ini.

Mantan penggawa timnas Inggris U-21 itu bertekad untuk terus mencetak gol dan meningkatkan kemampuannya.

''Saya hanya memikirkan soal upaya meningkatkan kemampuan saya bersama United, bagaimana caranya mencetak gol dan membantu tim. Fokus utama saya saat ini adalah pada penampilan saya,'' tutur pemain yang juga bisa ditempatkan sebagai penyerang tengah tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA