Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Klopp Masuk Radar Pengganti Koeman di Barcelona

Selasa 18 May 2021 09:16 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

 Jurgen Klopp

Jurgen Klopp

Foto: AP/Laszlo Balogh
ada pula nama pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, sebagai opsi pengganti Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Keberhasilan Barcelona merengkuh titel Copa del Rey ternyata tidak menyurutkan rumor soal kepergian Ronald Koeman pada akhir musim ini.

Meski masih menyisakan sisa satu tahun dalam durasi kontraknya bersama Barca, pelatih asal Belanda itu terus disebut-sebut bakal diganti pada akhir musim ini. Rumor ini kian menguat pasca tersingkirnya Barcelona di perburuan gelar La Liga musim ini.

Kekalahan, 1-2, dari Celta Vigo di Stadion Camp Nou pada jornada ke-37, Senin (16/5) dini hari WIB, menutup peluang Barca untuk bisa merengkuh titel Liga Spanyol musim ini.

Berada di peringkat ketiga dengan koleksi 76 poin dan tinggal menyisakan satu partai lagi, Barcelona sudah tidak mungkin lagi mengejar raihan poin Atletico Madrid, yang kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 83 poin dari 37 laga.

Kegagalan di pentas La Liga ini melengkapi kegagalan Barca di pentas Liga Champions, yang terhenti di babak 16 besar.

Tidak hanya itu, dalam tiga laga terakhir, Barcelona juga tidak pernah merasakan kemenangan. Pun dengan kegagalan meraih kemenangan di tiga laga kandang terakhir di pentas La Liga.

Berbagai catatan minor penampilan Blaugrana ini kian membuat jajaran petinggi klub mulai meragukan kemampuan Koeman. Pun dengan kelanjutan kiprahnya sebagai pelatih tim utama Blaugrana.

Kabarnya, Presiden Barcelona, Joan Laporta, belum mengambil keputusan terkait kelanjutan kiprah Koeman sebagai pelatih Barcelona.

Kedua belah pihak direncakan bakal melakukan pertemuan pasca gelaran kompetisi musim ini. Kendati begitu, sejumlah nama pelatih sudah digadang-gadang tengah dibidik Barcelona sebagai pengganti Koeman.

Nama mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, yang kini tengah menukangi klub asal Qatar, Al Sadd, menjadi kandidat utama pengganti Koeman pada musim depan.

Apalagi, dalam salah satu janji kampanyenya, Laporta sempat menyebut, siap membawa kembali Xavi ke Stadion Camp Nou. Namun, Barcelona juga dikabarkan tengah membidik sejumlah nama pelatih lain.

''Pelatih Barcelona B, Francisco Javier Garcia, masuk dalam pertimbangan jajaran petinggi Blaugrana. Selain itu, ada pula nama pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, yang muncul sebagai opsi sebagai pengganti Koeman,'' tulis laporan Marca, Selasa (18/5).

Nama Klopp muncul sebagai salah satu kandidat pelatih Barca menyusul penurunan performa The Reds pada musim ini. Liverpool gagal mempertahankan titel Liga Primer Inggris pada musim ini. The Reds pun menutup musim ini tanpa satu pun raihan gelar.

Tidak hanya itu, The Reds juga tengah berjuang keras untuk bisa finish di empat besar Liga Primer Inggris musim ini. Kondisi ini membuat munculnya rumor berakhirnya kiprah Klopp di Stadion Anfield.

Namun, Barcelona agaknya harus berjuang ekstra keras untuk bisa membujuk pelatih asal Jerman itu. Selain kontraknya yang baru berakhir pada 2024, Klopp juga sempat menyatakan keinginannya untuk bertahan di The Reds.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA