Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Bobolnya Iron Dome Israel oleh Roket-Roket Palestina

Selasa 18 May 2021 00:02 WIB

Rep: Anadolu/DW/Reuters/ Red: Elba Damhuri

Jejak lintasan asap tampak setelah  sistem pertahanan anti rudal Iron Dome mencegat roket yang ditembakkan dari wilayah Gaza, di Sderot, Israel Selatan, Senin (24/2).

Jejak lintasan asap tampak setelah sistem pertahanan anti rudal Iron Dome mencegat roket yang ditembakkan dari wilayah Gaza, di Sderot, Israel Selatan, Senin (24/2).

Foto: Ronen Zvulun/REUTERS
Iron Dome menjadi juru selamat rakyat Israel namun dapat ditembus roket Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, -- Salah satu hal menakutkan dari kubu Israel atas konflik senjata mereka dengan Palestina saat ini adalah bobolnya Iron Dome (Kubah Besi) kebanggaan Israel. 

Sejak awal konflik pecah lagi pada pekan lalu, para pejuang Hamas sudah menembakkan ribuan rudal atau roket ke wilayah permukiman Israel.

Serangan rudal yang masif itu akhirnya mampu menembus Kubah Besi Israel yang selama ini dijadikan pertahanan utama menangkis serangan-serangan Palestina dan Lebanon.

Iron Dome atau Kubah Besi merupakan sistem pertahanan super-canggih yang dibangun Israel. Biaya pembangunan dan pembelian mesin senjata anti-rudal itu mencapai miliaran dolar Amerika Serikat (AS).

Rudal Sijeel milik Hamas yang diluncurkan dari Gaza pekan lalu berhasil melewati sistem pertahanan udara Iron Dome. Rudal-rudal ini menghantam sebuah rumah di Ashkelon, Israel, menewaskan dua warga Israel berusia 60-an dan 80-an tahun.

photo
Iron Dome - (AP)
 

Reuters melaporkan, roket Sijeel dilesatkan Brigade Izzuddin al-Qassem, sayap militer Hamas, pada Rabu (12 Mei 2021). Akibatnya, puluhan rumah milik warga Israel rusak sebagian hancur parah.

Polisi Israel mengatakan lebih dari 90 orang di Ashdod dan Ashkelon terluka terkena ledakan roket dan rudal.

Selain rumah yang hancur, bangunan sekolah di Israel juga rusak akibat serangan rudal Hamas yang mampu menembus Iron Dome Israel. Beruntung, tidak ada siswa/siswi bersekolah.

Jaringan pipa energi perusahaan negara Israel juga terkena dampak serangan rudal Hamas. Kobaran api tampak membumbung tinggi di dekat kota Ashkelon yang letaknya di sebelah selatan Tel Aviv.

Kalangan media di Israel pun menyayangkan bobolnya sistem Iron Dome. Pejabat Israel menyatakan tingkat efektivitas Iron Dome memang 90 persen, artinya ada 10 persen peluang Iron Dome bisa dibobol hujan rudal atau roket.

Padahal Israel baru saja meningkatkan kemampuan Iron Dome. Kementerian Pertahanan Israel pada Selasa (16 Maret) mengumumkan telah menyelesaikan peningkatan sistem pertahanan roket Iron Dome untuk mengatasi berbagai ancaman udara tambahan. 

sumber : Anadolu/DW/Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA