Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Minat Baca Warga Kota Depok Setiap Tahun Meningkat

Selasa 18 May 2021 00:56 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Anak-anak membaca buku yang dipinjam dari mobil perpustakaan keliling di Grand Depok City, Kota Depok, Jawa Barat, Ahad (8/4).

Anak-anak membaca buku yang dipinjam dari mobil perpustakaan keliling di Grand Depok City, Kota Depok, Jawa Barat, Ahad (8/4).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kegiatan lomba mendongeng ternyata mampu meningkatkan minat baca pada anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah menyatakan, minat baca warga Kota Depok setiap tahunnya terus meningkat. "Untuk minat membaca pada tahun 2018 sebesar 63,94 persen, 2019 64,88 persen, dan 2020 naik menjadi 66,37 persen," kata Siti di Kota Depok, Jawa Barat, Senin (17/5).

Menurut Siti, gemar dan minat baca pada anak-anak ditentukan juga oleh faktor lingkungan. Jika memang minat baca sudah ditumbuhkan sejak dini, sambung dia, diharapkan dapat terbentuk budaya membaca.

Siti mengatakan, kegiatan lomba mendongeng ternyata juga mampu meningkatkan minat baca pada anak-anak. Seperti yang dilakukan di Kecamatan Sukmajaya beberapa waktu lalu. "Kami sangat berharap wilayah lain dapat melakukan hal yang sama agar anak-anak Kota Depok semakin tinggi pengetahuan literasinya," ujarnya.

Siti menyebut, dengan meningkatnya minat baca pada anak-anak nantinya akan mempengaruhi literasi-literasi yang dimilikinya. Dia berharap, kondisi itu bisa terus meningkat ke depannya. "Alhamdulillah setiap tahunnya meningkat. Kondisi minat dan gemar baca di Kota Depok sudah baik," ucap Siti.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA