Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Dua Laga Tersisa, Kane dan Salah Bersaing untuk Sepatu Emas

Senin 17 May 2021 14:44 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Harry Kane.

Harry Kane.

Foto: REUTERS / Toby Melville
Ia menilai, andalan timnya itu berproses menjadi salah satu pemain kelas dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pertarungan memperebutkan gelar pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris musim 2020/21, semakin ketat. Hanya ada dua pertandingan tersisa.

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane dan striker Liverpool, Mohamed Salah di posisi terdepan. Baik Kane, maupun Salah, sama-sama telah mengoleksi 22 gol.

Sebenarnya ada Bruno Fernandes (Manchester United), Son Heung-Min (Spurs), dan Dominic Calvert-Lewin yang meramaikan perburuan sepatu emas kompetisi terelite Negeri Ratu Elizabeth, edisi terkini. Akan tetapi mereka sudah tertinggal jauh, dari dua teratas.

Bruno yang ada di urutan ketiga, baru mengoleksi 18 gol. Disusul Son (17), serta Calvert-Lewin (16).

Alhasil, Kane dan Salah tampaknya lebih berpeluang mendapatkan trofi individu ini. Nama pertama telah sepenuhnya bugar setelah sempat mengalami permasalahan di pergelangan kaki.

Kane bakal menjadi andalan Tottenham saat berhadapan dengan Aston Villa dan Leicester City. Sepanjang karirnya, kapten tim nasional Inggris ini telah meraih dua gelar Premier League Golden Boot.

Sebelumnya terjadi pada musim 2015/16, dan 2016/17. Ini bisa menjadi sepatu emas ketiga yang masuk ke lemari trofinya.

Salah juga menuliskan catatan serupa. Bintang asal Mesir itu berstatus pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris musim 2017/18, dan 2019/20.

"Jika anda memenangkannya sekali, itu pencapaian besar. Jika dua kali anda memenangkannya, itu pencapaiannya yang sangat besar. Jika ada tiga kali meraihnya, tidak banyak pemain yang bisa mencapai hal tersebut," kata pelatih Liverpool, Juergen Klopp, mengapresiasi perjalanan karir Mohamed Salah, dikutip dari Mirror, Senin (17/5).

Ia tak meragukan kemampuan eks AS Roma itu dalam menuntaskan peluang. Menurut Klopp, Salah terlahir sebagai seorang goal getter.

Ia menilai, andalan timnya itu berproses menjadi salah satu pemain kelas dunia. Syaratnya, harus konsisten menunjukkan prestasi individu berkelas setiap musim.

The Reds bakal berhadapan dengan Burnley, dan Crystal Palace. Selain ingin membantu Salah mengejar sepatu emas, the Kop juga sedang berupaya menembus zona big four demi tiket Liga Champions musim depan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA