Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Mewaspadai 5 Tanda Kanker Kulit yang Muncul di Kuku

Senin 17 May 2021 11:54 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Kuku tangan

Kuku tangan

Foto: blogspot
Melanoma kuku seringkali terdiagnosis pada stadium yang lebih lanjut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melanoma merupakan salah satu jenis kanker yang cukup jarang terjadi. Kasus melanoma hanya berkisar 1 persen dari total kejadian kanker kulit.

Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang mematikan. Sebagian besar kematian akibat kanker kulit disebabkan oleh melanoma menurut American Cancer Society.

Melanoma tak hanya bisa mempengaruhi kulit, tetapi juga kuku pada jari tangan dan kaki. Meski mematikan, melanoma dapat diobati bila ditemukan sejak dini.

"Ketika ditemukan lebih awal, melanoma, bahkan di kuku, sangat bisa diobati," ujar ahli dermatologi di Norwell Dr Skylar Souyoul, seperti dilansir US News.

Ironisnya, melanoma kuku seringkali terdiagnosis pada stadium yang lebih lanjut dibandingkan melanoma pada kulit. Hal ini menurut Dr Souyoul akan lebih membahayakan bagi kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk bisa mengenali tanda-tanda pada kuku yang dapat dicurigai sebagai melanoma. Seseorang sebaiknya memeriksakan diri ke dokter bila menemukan tanda-tanda tersebut.

"Cara terbaik untuk menemukan kanker kulit pada kuku lebih dini, di saat yang paling bisa diobati, adalah dengan mengetahui apa yang harus dilihat dan melakukan pemeriksaan kuku secara rutin," ucap Dr Souyoul.

Setidaknya ada lima hal pada kuku yang perlu diperhatikan, terkait melanoma. Salah satunya adalah garis gelap di kuku. Garis gelap ini bisa tampak berwarna cokelat atau hitam.

Biasanya garis ini muncul pada kuku ibu jari atau jari yang besar. Namun, garis ini juga bisa muncul di jari-jari lainnya.

Tanda lainnya adalah kulit menggelap di dekat kuku. Kulit yang menggelap di sekitar kuku dapat menjadi pertanda kasus melanoma stadium lanjut.

Selain itu, Dr Souyoul juga mengatakan kuku yang terangkat dari jari bisa menjadi pertanda melanoma. Dalam kasus ini, kuku akan terlihat mulai terpisah dari bantalan kuku. Bagian putih setengah lingkaran di bawah kuku juga akan tampak semakin panjang seiring dengan terangkatnya kuku.

Tanda berikutnya yang tak boleh terlewatkan adalah pemisahan kuku. Pada kondisi ini, kuku akan tampak seperti terbelah di tengah menjadi dua.

Tanda yang kelima adalah benjolan. Dr Souyoul mengatakan benjolan ini bisa terletak di bawah kuku.

"Bila Anda mengenali perubahan apa pun pada kuku Anda, termasuk kemunculan garis gelap pada kuku Anda, buat janji konsultasi dengan dokter ahli dermatologi," pungkas Dr Souyoul.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA