Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Alasan Solidaritas untuk Palestina Sunnah Rasulullah SAW

Senin 17 May 2021 10:26 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah

Derita Muslim Palestina adalah derita umat Islam dunia. Pasukan Israel serang Masjidil Aqsa di Yerusalem.

Derita Muslim Palestina adalah derita umat Islam dunia. Pasukan Israel serang Masjidil Aqsa di Yerusalem.

Foto: Anadolu Agency
Derita Muslim Palestina adalah derita umat Islam dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Serangan brutal Israel terhadap Palestina akhir-akhir ini membuat warga dunia terutama umat Islam Indonesia membuat sakit hati. 

Pendakwah Ustadz Fauzan Kamil Lc MA mengatakan, merasakan sakit hati atas penderitaan yang diderita saudara Muslim disunahkan.

Baca Juga

عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ رضي الله عنهما- قال: قال رسول الله ﷺ:، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ "‏ مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

"Dari Nu’man bin Basyir RA, Rasulullah SAW bersabda, “Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mengasihi, mencintai, dan menyayangi bagaikan satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga dan panas (turut merasakan sakitnya).” (HR  Bukhari no 6011 dan Muslim no  2586).

Ustadz Fauzan Kamil Alumni Universitas Islam Madinah Arab Saudi mengutuk keras serangan Israel di saat kaum muslimin merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1442 H. Serangan ini membuat umat Islam di dunia telukai. "Serangan terhadap sodara kita umat Islam nerupakan kekeji yang melukai umat Islam," katanya.

Serangan Israel akhir-akhir ini tanpa menghiraukan kecaman internasional atas pelanggaran HAM di Palestina. Israel menghancurkan pemukiman Umat Islam rakyat sipil Palestina di Gaza tanpa ampun. 

"Setelah sebelumnnya mereka menembaki Umat Islam yang sedang menjalankan itikaf di Masjid Al Aqsha di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Hal ini lagi-lagi menyakitkan hati umat Islam bukan hanya di Palestina tapi diseluruh penjuru dunia," katanya. 

Ustadz Fauzan mengatakan, ada kisah yang menarik yang disampaikan warga Palestina, saat Ustadz Fauzan yang juga pemilik Biro Travel perjalanalan Haji, Umroh dan ziarah Masjid Al Aqsa menawarkan bantuk ke teman-temannya di Palestina. Ustadz Fauzan mengaku banyak sahabat di Palestina yang saat ini sedang menderita.

"Ketika mendengar berita Yahudi Israel kembali menyerang Palestina baik di Al Quds Yerusalem maupun di Gaza, sebagai sesama saudara Muslim langsung menghubungi mereka menanyakan perkembangan situasi dan kondisi di Palestina," katanya. 

Ustadz Fauzan juga menawarkan jika memungkinkan untuk mengirimkan bantuan donasi semampunya dari sahabat sahabat di Indonesia. Namun jawaban yang disampaikan temannya itu sangat menyentuh hati seperti percakapan yang diperlihatkan di aplikasi Whatsapp. 

"Bahwa yang paling mereka butuhkan saat ini adalah bantuan doa. "Kami tidak butuh uang saat ini, yang paling kami butuhkan adalah doa dari saudara saudara seluruh kaum Muslimin dimana saja," kata Ustadz Fauzan menyampaikan hasil percakapan dengan temannya bernama Mahmod. 

Permintaan ini kata Fauzan langsung di sebarkan melalui grup-group WA, media sosial ataupun langsung ke sahabat-sahabat dan Umat Islam di Indonesia. Terutama saat sore Jumat, akhir pekan lalu. Ustadz Fauzan mengatakan, seperti yang dipesankan Rasulullah SAW: 

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ "Pada hari Jumat terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah dia di akhir waktu setelah Ashar.” (HR Abu Dawud). 

Namun demikian kata Ustadz Fauzan, bukan berati tidak diperbolehkan mengirimkan bantuan donasi ke Palestina. Bagi Umat Islam yang ingin membantu dengan harta tentu juga sangat dibutuhkan mereka selain doa 

Untuk itu, Ustadz Fauzan mengimbau berikan bantu melalui lembaga-lembaga amal yang amanah dan telah diketahui jelas track recordnya dalam menyalurkan infak, sedekah kepada kaum Muslimin di Palestina. "Karena Umat Islam itu satu tubuh, jika salah satunya sakit, bagian lain nya pun ikut merasakan sakit," katanya.    

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA