Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

PSV ke Liga Champions Walau Main Imbang, AZ ke Liga Europa

Ahad 16 May 2021 22:34 WIB

Red: Israr Itah

Para pemain PSV Eindhoven (ilustrasi).

Para pemain PSV Eindhoven (ilustrasi).

Foto: EPA-EFE/JEROEN PUTMANS
PSV hanya memetik satu poin setelah diimbangi tuan rumah Utrecht dengan skor 1-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSV Eindhoven meraih satu tiket babak kedua kualifikasi Liga Champions musim depan walaupun cuma meraih hasil imbang dalam laga pekan pemungkas Liga Belanda. Melawat ke Stadion Galgenwaard, PSV hanya memetik satu poin setelah diimbangi tuan rumah Utrecht dengan skor 1-1, Ahad (16/5).

Kendati lebih banyak menekan, PSV harus tertinggal lebih dulu dari Utrecht pada menit ke-36 akibat gol tandukan Sander van de Streek dalam situasi bola mati. Upaya PSV baru membuahkan hasil empat menit memasuki babak kedua. Marco van Ginkel menyelesaikan umpan Mario Goetze dengan sepakan kaki kirinya untuk membuat kedudukan jadi imbang.

Baca Juga

PSV terus berusaha mencari gol pembalik keadaan, tetapi hingga peluit tanda laga usai berbunyi kedudukan 1-1 tak berubah. Hasil imbang PSV tersebut, membuat kemenangan telak 5-0 yang dibukukan AZ saat menjamu Heracles Almelo di Stadion AFAS seolah tak memengaruhi upaya mereka menembus zona Liga Champions.

AZ yang tampil dominan sejak sepak mula baru bisa memecahkan kebuntuan empat menit jelang turun minum melalui gol Myron Boadu menyambar bola muntah hasil tembakan Calvin Stengs. Keunggulan itu diperlebar oleh Jesper Karlsson yang dua kali membobol gawang tim tamu pada menit ke-50 dan tujuh menit kemudian.

Boadu mencetak gol keduanya di laga itu pada menit ke-74 sebelum Owen Wijndal melengkapi kemenangan AZ jadi 5-0 pada menit ke-87. Wijndal sebetulnya gagal mengeksekusi tendangan penalti, tetapi bola muntah yang membentur mistar gawang kembali disambar oleh bek sayap itu untuk menjebol gawang Heracles.

Hasil kedua pertandingan di atas membuat PSV tetap finis di posisi kedua klasemen dengan koleksi 72 poin, unggul satu poin atas AZ yang hanya meraih tiket play-off kualifikasi Liga Europa musim depan.

Sedangkan Utrecht tetap finis di posisi keenam dengan 53 poin, terlibat dalam play-off perebutan satu tiket babak kedua kualifikasi Liga Conference Europa, kompetisi baru besutan UEFA yang menjadi kasta ketiga setelah Liga Europa. Sementara Heracles (44) tertahan di urutan kesembilan, gagal mengikuti play-off tersebut, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Secara total, ada 184 kesebelasan yang mengikuti iga Conference Europa dengan setidaknya ada satu tim dari setiap 55 negara anggota UEFA. Selain itu, terdapat 46 klub yang ditransfer dari Liga Europa.

Sama seperti Liga Champions dan Liga Europa, sebelum memasuki babak grup, terdapat tiga babak kualifikasi dan satu babak play-off. Tidak ada kesebelasan yang lolos langsung ke babak utama. Semuanya harus melalui babak penyisihan, tergantung peringkat negara tersebut dalam ranking UEFA.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA