Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Friday, 20 Zulhijjah 1442 / 30 July 2021

Napoli Bekuk Fiorentina, Perebutan 4 Besar Tetap Panas

Ahad 16 May 2021 19:30 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Penyerang Napoli Lorenzo Insigne (kiri) merayakan gol ke gawang Fiorentina dalam lanjutan Serie A.

Penyerang Napoli Lorenzo Insigne (kiri) merayakan gol ke gawang Fiorentina dalam lanjutan Serie A.

Foto: EPA-EFE/CLAUDIO GIOVANNINI
Napoli sementara menduduki posisi 3 klasemen Serie A, mendepak Juventus ke posisi 5.

REPUBLIKA.CO.ID, FIRENZE -- Napoli mengamankan tiga angka krusial setelah membungkam Fiorentina dengan skor 2-0  pada laga pekan ke-37 Serie A Liga Italia 2020/2021, yang berlangsung di Stadion Artemio Franchi, Ahad (16/5) malam WIB. Kedua gol Napoli hadir pada babak kedua. Gol pembuka dicatat Lorenzo Insigne pada menit ke-56, disusul bunuh diri Lorenzo Venuti, hasil sepakan Piotr Zielinski pada menit ke-67.

Tiga angka jadi harga mati armada Gennaro Gattuso. Sebab, kemenangan ini dapat menjaga kans i Vesuvani untuk mengakhiri perjalanan di posisi empat besar, dan lolos ke Liga Champions musim depan.

Baca Juga

Berkat hasil ini Napoli sementara berhak naik ke posisi tiga sekaligus menggusur dua tim rival AC Milan dan Juventus. Napoli mengantongi 76 poin, hanya tertinggal dua angka dari Atalanta di kursi kedua dan unggul satu poin dari Milan di peringkat empat. Hanya, Milan baru akan melakoni laga pekan ke-37 pada Senin (17/5) dini hari WIB melawan Cagliari.

Di sisi lain, Fiorentina melanjutkan tren negatif dengan tak pernah menang dalam dua laga terakhir. Pasukan Giuseppe Iachini berada di peringkat 13 dengan koleksi angka 39 poin.

Jalannya laga

Pertandingan berlangsung ketat sejak menit awal. Tim tamu tampil dengan kekuatan penuh untuk bisa mengamankan kemenangan penting pada pertandingan di Firenze.

Demi mempertahankan harapan finis di posisi empat besar klasemen Napoli langsung menekan pertahanan Fiorentina. Percobaan pertama skuad asuhan Gennaro Gattuso tercipta melalui tandukan gelandang tengah Tiemoue Bakayoko pada menit keempat. Namun heading pemain asal Prancis masih meleset ke kiri gawang Fiorentina yang dikawal Bartlomiej Dragowski.

Berselang delapan menit kemudian, giliran Piotr Zielinski mencoba peruntungannya. Playmaker asal Polandia melepas tembakan spekulasi dari luar kotak penalti. Namun bola yang meluncur keras masih bisa diamankan oleh Dragowski.

Fiorentina belum menemukan ritme permainan mereka hingga menit ke-20. Kesebelasan selatan Italia mendominasi permainan Fiorentina melalui permainan dari sektor sayap. Sayang mereka kesuliatan oleh ketatnya pertahanan tiga bek sejajar La Viola. Hingga peluit turun minum berbunyi skor imbang tanpa gol bertahan.

Memasuki interval kedua Napoli kembali tancap gas. Penyerang sayap Matteo Politano melepas tembakan dengan kaki kiri dari sebelah kanan luar kotak penalti lawan.

Tembakan Politano terlihat masih belum menyulitkan Dragowski. Lagi-lagi Napoli masih gagal mengonversi gol ketika berada di depan gawang lawan.

Derasnya serangan Napoli membuat lini belakang Fiorentina kewalahan. Hasilnya, bek Nikola Milenkovic melakukan pelanggaran kepada Amir Rrahmani di dalam kotak penalti.

Dragowski yang melakukan aksi protes diberikan kartu merah secara langsung oleh wasit. Posisinya digantikan oleh Pietro Terracciano.

Terracciano sempat membaca arah bola tendangan penalti. Namun, Insigne  langsung menyambut bola rebound dengan kaki kanan yang dilesatkan ke tengah.

Napoli nyaris menggandakan keunggulan. Pada menit ke-64 tembakan kapten Napoli Insigne dengan kaki kanan dari sebelah kiri gawang La Viola membentur mistar gawang.

Berselang tiga menit, tim tamu benar-benar menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat tembakan Zielinski. Usia menerima umpan mendatar Insigne, Zielinski langsung melepas tembakan dengan kaki kiri, bola sempat membentur bek Fiorentina Lorenzo Venuti sebelum mendarat di pojok kiri gawang lawan. Gol ini kemudian dinyatakan sebagai bunuh diri Venuti.

Memimpin dua gol serta unggul jumlah pemain membuat Napoli bermain tenang. Sebab, upaya tuan rumah tak banyak memberikan hasil dengan kekurangan satu pemain. Hingga akhir laga, Napoli memastikan skor 2-0 tak berubah. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA