Ahad 16 May 2021 14:14 WIB

Pemeriksaan Arus Balik di GT Kalikangkung Ditingkatkan

Kendaraan yang dilengkapi surat sesuai aturan akan diberi stiker biru.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Indira Rezkisari
Kendaraan melintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Kendaraan melintas di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Polda Jawa Tengah bersama dengan jajaran Polrestabes Semarang melaksanakan pemeriksaan arus balik di Pos Pengamanan Terpadu di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Kota Semarang. Sejak hari pertama arus balik, pada H+1 Idul Fitri 1442 Hijriyah, Sabtu (15/5) krmarin, sedikitnya 7.000 kendaraan yang meninggalkan Kota Semarang menuju arah Jawa Barat atau DKI Jakarta telah dilakukan pemeriksaan.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, mengatakan, mulai H+1 Lebaran kemarin, jajarànnya tidak melaksanakan penyekatan terhadap kendaraan arus mudik, tetapi melakukan pemeriksaan terhadap arus balik. Pemeriksaan yang dilakukan ini, kata Luthfi, berkerjasama dengan Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang, dengan sasaran kendaraan yang akan meninggalkan provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga

Apabila masyarakat (pengguna jalan tol) tersebut tidak melengkapi dengan surat surat administrasi, seperti dokumen Surat Swab, SIKM dan KTP maka akan dilakukan tes swab antigen di pos Kalikangkung. Kemudian jika dalam tes swab terbukti reaktif, maka pengguna jalan tol yang bersangkutan akan langsung di rujuk ke rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan penanganan Covid-19 lebih lanjut.

"Namun jika terbukti negatif, akan diberikan surat keterangan dan akan ditempeli stiker untuk memastikan yang bersangkutan berhak melakukan perjalanan," katanya, saat meninjau pos pemeriksaan di GTKalikangkung, Ahad  (16/5).

Sejak dilakukan pemeriksaan sejak kemarin hingga hari ini, jelas Kapolda, sudah 7.000 kendaraan yang sudah kita lakukan pemeriksaan oleh petugas gabungan di pos pemeriksaan terpadu GT Kalikangkung tersebut.

Demikian pula, Direktorat Lalu Lintas  Ditlantas Polda Jawa Tengah sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, terkait dengan hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan di GT Kalikangkung. Kapolda juga menambahkan, Pos Terpadu Kalikangkung, menyiapkan swab antigen gratis bagi pemudik yang keluar dari Jawa Tengah. Kemudian kendaraan yang akan balik, akan diberi tanda stiker biru setelah Pemeriksaan dinyatakan Lengkap.

Selain itu, di ruas tol yang ada di wilayah humum Polda Jawa Tengah juga ada 18 rest area yang sudah  disiapkan untuk penerapan PPKM Mikro sekaligus edukasi pentingnya disiplin protokol kesehatan. "Kita juga siapkan tes swab antigen serta memberikan himbauan kepada pengguna jalan tol untuk tetap disiplin menerapkan pookol kesehatan,” lanjutnya, didampingi Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar dan Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement