Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Atalanta Pastikan Tiket Liga Champions

Sabtu 15 May 2021 23:08 WIB

Red: Ratna Puspita

Robin Gosens (kiri) dari Atalanta merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol pada pertandingan sepak bola Serie A Italia antara Genoa CFC vs Atalanta BC di Stadion Luigi Ferraris di Genoa, Italia, 15 Mei 2021.

Robin Gosens (kiri) dari Atalanta merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol pada pertandingan sepak bola Serie A Italia antara Genoa CFC vs Atalanta BC di Stadion Luigi Ferraris di Genoa, Italia, 15 Mei 2021.

Foto: EPA-EFE/SIMONE ARVEDA
Jumlah poin 78 memastikan Atalanta unggul enam poin tim posisi kelima Juventus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atalanta mengunci satu tiket fase grup Liga Champions musim depan selepas meredam perlawanan Genoa. Atalanta menang 4-3 atas tuan rumah itu pada laga pekan ke-37 Liga Italia Serie A di Stadion Luigi Ferraris, Sabtu (15/5).

Atalanta menambah raihannya jadi 78 poin sehingga memastikan setidaknya finis di peringkat keempat klasemen. Jumlah poin itu memastikan Atalanta unggul enam poin tim posisi kelima Juventus yang baru main dalam laga lebih larut.

Baca Juga

Jika Juventus bisa menyamai raihan poin pada pengujung musim, Atalanta punya keunggulan head-to-head atas pesaingnya itu berbekal satu kemenangan dan satu hasil imbang. Sementara itu Genoa (39), yang sudah lolos dari ancaman degradasi sejak pertandingan sebelumnya, tak beranjak dari urutan ke-14, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Tim besutan Gian Piero Gasperini unggul meyakinkan 3-0 hingga turun minum berkat gol-gol Duvan Zapata, Ruslan Malinovskyi dan Robin Gosens. Kendati Genoa sempat mengancam di awal laga lewat tembakan Andrea Masiello yang menghantam tiang gawang, Atalanta mampu memimpin pada menit kesembilan melalui sontekan Zapata menyelesaikan umpan Malinovskyi.

Keunggulan itu digandakan pada menit ke-26 saat Zapata berganti peran jadi penyaji assist untuk gol yang dicetak Malinovskyi. Wasit Livio Marinelli sempat berkonsultasi dengan VAR atas dugaan offside Zapata sebelum akhirnya mengesahkan gol tersebut.

Atalanta yang terus menekan kian menegaskan keunggulan mereka semenit jelang turun minum saat Gosens menanduk umpan sundulan Hans Hateboer demi memperdaya kiper Federico Marchetti. Tuan rumah berusaha bangkit memasuki babak kedua dan langsung mencetak gol balasan pada menit ke-48 saat tembakan jarak jauh Eldor Shomurodov bersarang ke gawang Atalanta.

Namun, tiga menit kemudian Pasalic segera merestorasi keunggulan tiga gol Atalanta lewat sepakan kaki kanannya mengkonversi umpan Aleksey Miranchuk. Genoa membalas lagi pada menit ke-67 lewat eksekusi penalti Goran Pandev, setelah wasit dan VAR menyatakan Gosens melakukan pelanggaran handball di dalam kotak terlarang.

Momentum itu berusaha dimanfaatkan Genoa untuk terus mengejar ketertinggalan, tetapi upaya mereka baru membuahkan hasil lagi pada menit ke-84 saat Shomurodov mencetak gol keduanya membuat kedudukan jadi 3-4. Namun, Atalanta dengan cermat bisa meredam momentum Genoa demi mengunci kemenangan 4-3 sekaligus satu tiket Liga Champions musim depan.

Pada pertandingan pamungkas musim ini yang dijadwalkan berlangsung serempak pada Ahad (23/5) pekan depan, Atalanta akan menjamu AC Milan di Stadion Gewiss dan Genoa melawat ke Sardegna Arena melawan Cagliari.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA