Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Korlantas dan Satgas Siapkan 109 Titik Pos Pemeriksaan

Sabtu 15 May 2021 14:37 WIB

Rep: bambang noroyono/ Red: Hiru Muhammad

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memberikan keterangan pers usai melakukan rapat koordinasi untuk mengantisipasi arus balik Lebaran di Balai Kota Jakarta, Jumat (14/5).

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memberikan keterangan pers usai melakukan rapat koordinasi untuk mengantisipasi arus balik Lebaran di Balai Kota Jakarta, Jumat (14/5).

Foto: Republika/Flori Sidebang
Para pengendara arus balik wajib membawa surat keterangan usap-antigen atau PRC test

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA--Polri, bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menyiapkan 109 titik pos pemeriksaan kesehatan bagi pengendara arus balik yang kembali memasuki wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang (Jabodetabek) usai libur Idul fitri 2021.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono mengatakan, pos-pos pemeriksaan kesehatan tersebut untuk mendeteksi, dan mengantisipasi penyebaran virus Corona. “109 titik check point tersebut, untuk memeriksa (kesehatan) seluruh pengendara yang memasuki wilayah Jabodetabek,” kata Irjen Istiono, dalam keterangan pers yang diterima wartawan di Jakarta, Sabtu (15/5).

Ia pun mengingatkan, kepada para pengendara arus balik, untuk memastikan diri membawa surat keterangan usap-antigen, atau PCR Test. “Bagi pengendara yang tidak membawa surat bebas Covid-19, akan dilakukan random check (deteksi acak) di lokasi-lokasi yang ditentukan,” kata dia.

Istiono menerangkan, terkait 109 titik pos pemeriksaan kesehatan, kata dia akan berada di 26 kawasan rest area, dan seluruh gerbang tol munuju Jabodetabek dari arah Jawa, maupun Sumatera. Sedangkan 83 titik pos pemeriksaan kesehatan lainnya, akan ditempatkan di jalur arteri, dan jalan nasional yang menuju wilayah ibu kota dari wilayah Jawa, maupun Sumatera. 

Kata dia, titik pengawasan, dan deteksi Covid-19 paling prioritas ada di pintu masuk Jabodetabek dari arah Sumatera. Istiono menerangkan, catatan Satgas Covid-19 menelaah peningkatan angka positif Covid-10 di wilayah Sumatera yang cenderung meningkat.

“Pelaksanaan kegiatan rapid test antigen secara random (acak) akan dilaksanakan mulai hari ini (15/5) mengingat puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada hari ini, Sabtu sampai besok (16/5),” ujar Istiono.

Kata dia, tes kesehatan yang menunjukkan hasil positif Corona, Satgas Covid-19 akan langsung melakukan penanganan dengan merujuk pengendara ke rumah sakit terdekat.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA