Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Monday, 4 Zulqaidah 1442 / 14 June 2021

Jepang Donasikan 4 Juta Dolar AS ke Myanmar

Sabtu 15 May 2021 12:41 WIB

Rep: lintar satria zulfikar/ Red: Hiru Muhammad

Warga muslim rohingya menunggu penyaluran bantuan berupa paket makanan di Kamp Pengungsi Rohingya di Propinsi Sittwe, Myanmar.

Warga muslim rohingya menunggu penyaluran bantuan berupa paket makanan di Kamp Pengungsi Rohingya di Propinsi Sittwe, Myanmar.

Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Jepang akan mengirimkan pasokan makanan untuk sekitar 600 ribu orang.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO--Jepang akan mendonasikan makanan darurat senilai 4 juta dolar AS ke Myanmar. Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan kudeta militer 1 Februari lalu mendorong krisis kemanusiaan di negara Asia Tenggara tersebut.

Melalui saluran Program Pangan Dunia (WFP) dengan bantuan ini Negeri Sakura akan mengirimkan pasokan makanan untuk sekitar 600 ribu orang. Dalam konferensi pers Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu mengatakan bantuan ini bagian program kemanusiaan Jepang.

"Bantuan ini bagian dari cakupan pasokan bantuan kemanusiaan negara kami dan kebutuhan mendesak setelah kudeta," kata Motegi seperti dikutip Anadolu Agency, Sabtu (15/5).

Kantor berita Kyodo News melaporkan menurut WFP gejolak politik mendorong sekitar 3,4 juta warga Myanmar terancam kelaparan dalam enam bulan ke depan. Organisasi aktivis Assistance Association for Political Prisoners (AAPP) melaporkan hingga Jumat (14/5) tindakan keras pemerintah militer sudah menewaskan 788 orang.

Sampai Jumat kemarin 3971 orang ditahan sekitar 92 divonis bersalah dan 1639 ditahan berdasarkan surat penahanan. Sebanyak 20 orang diantaranya divonis hukuman mati dan 14 dihukum penjara selama tiga tahun. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA