Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Polisi Pakai Gas Air Mata Bubarkan Unjuk Rasa Pro-Palestina

Sabtu 15 May 2021 12:08 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Agus Yulianto

Ratusan pengunjuk rasa berkumpul dan melakukan protes untuk mendukung warga Palestina di depan Konsulat Jenderal Israel.

Ratusan pengunjuk rasa berkumpul dan melakukan protes untuk mendukung warga Palestina di depan Konsulat Jenderal Israel.

Foto: AP / Shafkat Anowar
Penegak hukum membubarkan warga yang berkumpul dengan kekerasan.

REPUBLIKA.CO.ID, COPENHAGEN -- Polisi Denmark membubarkan pengunjuk rasa yang berkumpul di ibukota untuk menunjukkan solidaritas pada Palestina. Demonstran yang berkumpul di depan stasiun kereta Svanemollen rencananya berjalan kaki sampai di depan Kedutaan Besar Israel.  

Pengunjuk rasa yang berpawai sambil iringi dengan orasi akhirnya bentrok dengan polisi di depan kedutaan. Polisi melakukan intervensi setelah terdengar suara ledakan keras dan beberapa lemparan torpedo ke arah barisan polisi yang dibentuk di depan kedutaan.

Sabtu (15/5) Anadolu Agency melaporkan, polisi membubarkan pengunjuk rasa dengan gas air mata dengan lebih dari satu bom gas air mata. Perempuan dan anak-anak yang ikut berunjuk rasa terdampak dengan gas air mata ini.

Lalu penegak hukum membubarkan warga yang berkumpul dengan kekerasan. Sejumlah pengunjuk rasa kembali ke titik awal demonstrasi dan melanjutkan orasi menentang Israel, beberapa orang lainnya mengibarkan bendera Palestina di jalan-jalan Copenhagen dan mendesak kemerdekaan Palestina.

Berdasarkan informasi dari petugas keamanan stasiun televisi pemerintah DR melaporkan unjuk rasa ini dihadiri sekitar 4.000 orang.  Beberapa hari terakhir pasukan Israel menyerang warga Palestina yang menunjukkan solidaritas pada warga Sheikh Jarrah yang diusir pengadilan Israel.

Unjuk rasa juga didorong serbuan pasukan Israel ke komplek Masjid Al-Aqsa di malam-malam terakhir bulan suci Ramadhan. Eskalasi meningkat setelah Israel menggempur Gaza dengan serangan udara yang kini telah menewaskan 137 warga Palestina dan melukai hampir 1.000 orang lainnya. 

 

 

 

 

sumber:

https://www.aa.com.tr/en/europe/danish-police-use-tear-gas-on-protesters-supporting-palestine/2241963

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA