Sabtu 15 May 2021 05:55 WIB

PBB Rilis Rekomendasi Baru Paspor Vaksin Covid-19

Negara-negara UNWTO diharapkan membuat semua sertifikasi perjalanan Covid-19 gratis

Rep: Idealisa masyrafina/ Red: A.Syalaby Ichsan
Wisatawan menikmati suasana senja di Pantai Kuta, Badung, Bali, Jumat (14/5/2021). Salah satu destinasi wisata utama di Pulau Dewata tersebut dipadati oleh ribuan wisatawan lokal selama masa liburan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Wisatawan menikmati suasana senja di Pantai Kuta, Badung, Bali, Jumat (14/5/2021). Salah satu destinasi wisata utama di Pulau Dewata tersebut dipadati oleh ribuan wisatawan lokal selama masa liburan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Serangkaian rekomendasi baru dengan fitur yang diperlukan dari paspor vaksin telah dikeluarkan oleh Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO). Saran tersebut muncul sebagai tanggapan terhadap mendekati bulan-bulan musim panas di Belahan Bumi Utara, di mana komite menekankan kebutuhan mendesak untuk memulai kembali pariwisata.

Ada harapan musim pariwisata yang dibantu oleh sertifikasi Covid-19 akan mengimbangi hilangnya 100 juta pekerjaan di sektor travelling. Yang terpenting, UNWTO mengatakan negara-negara anggotanya diharapkan untuk membuat semua sertifikasi perjalanan Covid-19 gratis, tersedia secara universal dan tidak diskriminatif.

Proposal tersebut juga meminta negara-negara untuk melakukan langkah berikut. 

  • Lindungi data semua individu dengan paspor vaksin
  • Mengharuskan sertifikasi tersedia baik secara digital maupun di atas kertas
  • Hentikan skema sertifikasi jika pandemi tidak lagi dianggap sebagai Darurat Kesehatan Masyarakat
UNWTO juga menekankan, kekuatan internasional harus menyebarkan solidaritas tingkat tinggi terhadap negara-negara yang kurang beruntung dalam hal upaya pengujian dan vaksinasi. Hal ini terbukti penting dalam mengenali kelambanan yang baru-baru ini berkontribusi pada lonjakan kasus terbesar di India.
 
Negara-negara tidak terikat secara hukum oleh daftar rekomendasi ini, tetapi diharapkan melakukannya sebagai bagian dari keanggotaan PBB mereka. "Kami berharap rekomendasi ini akan memberikan kerangka kerja etika global yang akan membantu pemulihan pariwisata yang sangat dibutuhkan," kata Ketua Komite Etika Pariwisata Pascal Lam, dilansir dari Euronews, Sabtu (15/5).
 
 
Dia menganggap setiap hambatan keuangan seputar akses individu ke sertifikasi Covid-19 sebagai diskriminasi serius bagi mereka yang mata pencahariannya menderita selama setahun terakhir.
 
Lebih dari separuh populasi Inggris, Malta, Hongaria, Serbia, dan Islandia telah divaksinasi di Eropa.
Sejauh ini, negara-negara di benua itu dibiarkan sendiri ketika harus mengatur kondisi perjalanan domestik dan internasional. Namun banyak negara yang ditetapkan untuk menggunakan Digital Green Certificate yang dikembangkan oleh UE.
 
Negara yang memiliki atau berencana memiliki paspor vaksin operasional antara lain: Estonia, Rumania, Georgia, Polandia, Islandia, Kroasia, Malta, Siprus, Yunani, Spanyol, Portugal, Inggris, Italia, Denmark, Liechtenstein, Norwegia, Swiss, Prancis.
 
Lebih banyak negara kemungkinan akan ditambahkan ke daftar ini seiring berjalannya waktu. Perjanjian bilateral antar negara telah memastikan pembuatan dan promosi skema daftar merah / kuning / hijau untuk merangsang pariwisata dalam parameter kemajuan vaksinasi positif.
 
Inisiatif maskapai penerbangan seperti tiket perjalanan IATA berupaya merampingkan vaksinasi dan konfirmasi pengujian dalam satu aplikasi universal, yang saat ini sedang diujicobakan oleh perusahaan-perusahaan seperti Emirates, Vueling, dan Virgin Atlantic.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement