Jumat 14 May 2021 22:00 WIB

Kareem Abdul-Jabbar Inspirasi NBA Suarakan Keadilan

Abdul-Jabbar telah menyuarakan keadilan sejak masa mudanya.

Legenda NBA, Kareem Abdul Jabbar.
Foto: Reuters
Legenda NBA, Kareem Abdul Jabbar.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Abdul-Jabbar telah menyuarakan keadilan sejak masa mudanya. Pada usia 17, dia bertemu Dr. Martin Luther King Jr. di kampung halaman Abdul-Jabbar di Harlem, NY.

Terinspirasi oleh pesan King, Abdul-Jabbar berkomitmen untuk menggunakan pengaruhnya sebagai atlet yang dilihat publik untuk terlibat dalam masalah sosial selama Gerakan Hak Sibil.

Baca Juga

Dia menghadiri KTT Cleveland 1967 di mana Bill Russell, Jim Brown, dan atlet kulit hitam terkemuka lainnya berkumpul untuk membahas penolakan Muhammad Ali untuk bertugas dalam Perang Vietnam.

Abdul-Jabbar terus menyuarakan kesetaraan dan memerangi diskriminasi dalam beberapa dekade sejak pensiun dari bola basket.

Pada 2016, mantan Presiden Barack Obama menganugerahinya Presidential Medal of Freedom, penghargaan sipil tertinggi AS.Pada 2009, Abdul-Jabbar mendirikan Skyhook Foundation, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan STEM kepada komunitas yang kurang mampu.

Salah satu pemain paling berprestasi dalam sejarah NBA, Abdul-Jabbar memegang rekor NBA untuk penghargaan MVP musim reguler (enam), All-Star Game (19) dan poin (38.387) yang diperoleh selama 20 musim NBA bermain untuk Los Angeles Lakers dan Milwaukee Bucks.Abdul-Jabbar bergabung dengan NBA pada musim 1969-70 setelah memimpin UCLA ke tiga kejuaraan nasional berturut-turut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement