Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Banjir Rendam Puluhan Rumah di Aceh Tenggara

Jumat 14 May 2021 21:00 WIB

Red: Hasanul Rizqa

Ilustrasi Banjir.

Ilustrasi Banjir.

Foto: republika
Banjir di Aceh Tenggara ini dipicu meluapnya air sungai setempat serta tanggul jebol.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Banjir melanda Desa Kuning I, Kecamatan Bembel, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, hari ini. Bencana yang dipicu meluapnya air sungai setempat terjadi setelah curah hujan dengan intensitas yang tinggi. Tercatat, sebanyak 22 rumah warga setempat terendam banjir.

"Banjir akibat hujan deras dengan intensitas hujan yang tinggi melanda wilayah Aceh Tenggara," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas kepada Antara di Banda Aceh, Jumat (14/5).

Baca Juga

Ilyas menjelaskan, banjir mulai merendam rumah-rumah warga Desa Kuning I sejak Kamis (13/5) lalu sekitar pukul 22.23 WIB. Dia mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi di wilayah setempat sejak beberapa hari lalu menyebabkan tanggul Sungai Lawe Tuban Jebol. Imbasnya, limpahan air masuk ke permukiman warga.

"Tanggul yang berada di Desa Lawe Hijojebol dengan panjang sekitar 30 meter sehingga air meluap dan merendam rumah warga Desa Kuning I," ucapnya.

Ia menambahkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir itu. Jumlah warga yang terdampak ialah 78 jiwa. Mereka tersebar dalam 22 kepala keluarga. Untuk sementara, tidak ada warga yang mengungsi.

BPBD Kabupaten Aceh Tenggara telah mengerahkan anggota tim reaksi cepat (TRC) ke lokasi untuk meninjau situasi terkini dan melakukan kaji cepat."Kondisi terakhir air masih tergenang di rumah warga sampai saat ini," katanya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA