Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Idul Fitri di Berbagai Negara di Tengah Pandemi dan Konflik

Jumat 14 May 2021 17:11 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

 Idul Fitri di Berbagai Negara di Tengah Pandemi dan Konflik. Tiga anak Palestina berfoto bersama saat merayakan Hari Raya Idul Fitri di Gaza, Palestina, Jumat (17/7).  (AP/Khalil Hamra)

Idul Fitri di Berbagai Negara di Tengah Pandemi dan Konflik. Tiga anak Palestina berfoto bersama saat merayakan Hari Raya Idul Fitri di Gaza, Palestina, Jumat (17/7). (AP/Khalil Hamra)

Muslim di Athena, Yunani, berkumpul untuk sholat Idul Fitri di masjid resmi pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Idul Fitri, hari libur yang menandai akhir bulan suci Ramadhan, dirayakan di seluruh dunia pada Kamis (13/5) di bawah bayang-bayang pandemi virus corona (Covid-19). Dilansir di Anadolu Agency, Jumat (14/5), secara tradisional, Idul Fitri adalah perayaan tiga hari yang ditandai dengan perayaan keluarga besar dan ibadah berjamaah atau Sholat Idul Fitri. 

Tapi tahun ini banyak yang hanya bisa merayakannya di rumah bersama keluarga dekat. Sholat Idul Fitri diadakan secara terbatas sambil mematuhi langkah-langkah pencegahan Covid-19

Baca Juga

Karena adanya pembatasan, sholat Idul Fitri di masjid-masjid di Malaysia dibatasi hingga 50 orang. Sedangkan mereka yang tidak dapat menemukan tempat diperbolehkan sholat di halaman dengan syarat menjaga jarak sosial.

Di Pakistan, orang-orang telah diminta menghabiskan liburan Idul Fitri di rumah karena dikunci (lockdown) selama sepekan. Sholat Idul Fitri diadakan dengan langkah-langkah kesehatan di tempat.

Di Afghanistan di mana pemerintah dan Taliban menerapkan gencatan senjata selama tiga hari, orang-orang memenuhi masjid untuk melaksanakan sholat Idul Fitri. Di Kazakhstan, sholat Idul Fitri diperbolehkan di halaman masjid. Masjid juga penuh dengan jamaah di Uzbekistan dan Kyrgyzstan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA