Jumat 14 May 2021 15:15 WIB

Jangan Lupa Sayur dan Buah Usai Santap Hidangan Lebaran

Anda boleh mengonsumsi berbagai hidangan Lebaran, namun tetap mengatur porsinya.

Jangan Lupa Sayur dan Buah Usai Santap Hidangan Lebaran. Opor ayam, menu khas Lebaran.
Foto: Republika/Musiron
Jangan Lupa Sayur dan Buah Usai Santap Hidangan Lebaran. Opor ayam, menu khas Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar kesehatan mengingatkan Anda tak melupakan sayuran dan buah usai menyantap hidangan Lebaran yang umumnya mengandung santan dengan kandungan lemak tinggi. 

Santan memiliki kandungan lemak, (termasuk) asam lemak jenuh. Intinya, jangan terlalu banyak ambil santannya. 

Baca Juga

"Mau makan lemak jenuh, siasati setelah itu dengan serat supaya bisa menurunkan absorbsi lemak yang kita makan. Pilih hidangan sayur yang tak mengandung santan di dalamnya," kata dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Anna Maurina Singal dalam bincang RSUI via daring, dikutip Jumat (14/5).

Tak hanya santan, hidangan Lebaran juga identik dengan rasa manis, misalnya dari minuman soda atau kue-kue kering semisal nastar dan kue putri salju. Anna menyarankan Anda meningkatkan asupan serat usai menyantap hidangan ini, misalnya dari buah-buahan, ditambah air minum yang cukup.

 

Asupan serat dan cairan cukup bisa membantu pencernaan Anda bekerja secara baik dan mencegah Anda terkena sembelit atau kembung, yang diderita sebagian orang usai merayakan Lebaran. "Lemak yang sangat tinggi dalam makanan membutuhkan pencernaan lebih lama. Konsumsi lemak tinggi membuat lambung bekerja lebih lama," kata Anna.

Untuk membantu Anda tetap sehat saat dan setelah Lebaran, Anna memberikan tips, misalnya saat memasak rendang tidak memasukkan lemak daging, tetapi daging saja atau opor ayam tanpa menyertakan kulitnya. Kemudian, khusus untuk minuman manis, Anda bisa menggantinya dengan buah yang mengandung air atau air putih.

photo
Sayur dan buah (ilustrasi). - (www.freepik.com)

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement